Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia, Ketua TP PKK Kota Kediri Edukasi Murid SD dan MTs - Tugujatim.id

Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia, Ketua TP PKK Kota Kediri Edukasi Murid SD dan MTs

  • Bagikan
Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar mengedukasi dan mempraktikkan cara mencuci tangan kepada murid SDN Banjaran Center pada Jumat (15/10/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar mengedukasi dan mempraktikkan cara mencuci tangan kepada murid SDN Banjaran Center pada Jumat (15/10/2021). (Foto: Dokumen)

KEDIRI, Tugujatim.id – Dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar mengedukasi murid SDN Banjaran Center dan MTs Negeri 1 Kota Kediri pada Jumat (15/10/2021). Sebab, saat ini cuci tangan menggunakan sabun merupakan salah satu kunci menghadapi Covid-19, terutama bagi anak-anak SD.

Hal itu dilakukan karena anak SD mayoritas berusia 12 tahun ke bawah. Di mana pada usia tersebut belum boleh divaksin Covid-19.

Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar memberikan sambutan saat memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia pada Jumat (15/10/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar memberikan sambutan saat memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia pada Jumat (15/10/2021). (Foto: Dokumen)

Untuk memeriahkan acara ini, ada tarian dan yel-yel cuci tangan. Para murid dan guru bersama-sama mempraktikkan 6 langkah cuci tangan yang benar di depan Ketua TP PKK Kota Kediri. Selanjutnya peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini ditandai dengan pemukulan gong dan cuci tangan bersama.

Istri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar ini menuturkan, perilaku cuci tangan memakai sabun merupakan bagian program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Perilaku tersebut dapat diterapkan di mana pun, salah satunya di sekolah. Sejak pandemi Covid-19, fasilitas cuci tangan juga banyak tersedia di tiap sudut sekolah. Karena memang cuci tangan menjadi suatu kampanye yang tak terpisahkan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Ferry Silviana Abu Bakar memukul gong saat memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia pada Jumat (15/10/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Ferry Silviana Abu Bakar memukul gong saat memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia pada Jumat (15/10/2021). (Foto: Dokumen)

Lebih lanjut Bunda Fey, sapaan akrabnya, mengungkapkan, tangan merupakan sumber penyebaran kuman dan penyakit ke dalam tubuh manusia. Banyak kuman yang dapat membuat orang sakit jika tidak mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun dan air mengalir. Itulah mengapa cuci tangan menjadi sangat penting. Apalagi pembelajaran tatap muka juga sudah mulai berlaku sehingga cuci tangan merupakan suatu keharusan sebelum masuk ke dalam sekolah.

Guru dan murid SDN Banjaran Center Kota Kediri sedang menunjukkan tarian cuci tangan pada Jumat (15/10/2021). (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Guru dan murid SDN Banjaran Center Kota Kediri sedang menunjukkan tarian cuci tangan pada Jumat (15/10/2021). (Foto: Dokumen)

“Pandemi membawa salah satu dampak baik, yaitu anak-anak menjadi terbiasa untuk cuci tangan,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Siswanto, perwakilan Dinas Kesehatan Kota Kediri, kepala sekolah, guru dan murid SD Negeri Banjaran Center serta kepala sekolah, guru dan murid MTsN 1 Kediri. Selain dilaksanakan di SD Banjaran Center dan MTs Negeri 1 Kediri, peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia serentak dilaksanakan di sekolah-sekolah lain di Kota Kediri.

  • Bagikan