Perjuangan Relawan Tugu Media Peduli-Bakti BCA Salurkan Bantuan di Tirtoyudo Malang - Tugujatim.id

Perjuangan Relawan Tugu Media Peduli-Bakti BCA Salurkan Bantuan di Tirtoyudo Malang

  • Bagikan
Truk yang membawa bantuan material dari Tugu Media Peduli X Bakti BCA untuk korban gempa di Desa Pesisir Malang. (Foto: Bayu Eka/Tugu Jatim)
Truk yang membawa bantuan material dari Tugu Media Peduli X Bakti BCA untuk korban gempa di Desa Pesisir Malang. (Foto: Bayu Eka/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Penyaluran bantuan tahap ketiga untuk korban gempa Malang oleh Tugu Media Peduli X Bakti BCA dilakukan Selasa (25/05/2021). Tim relawan menyalurkan ke Desa Pesisir Pantai Selatan Kabupaten Malang di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo.

Mereka membawa 120 sak semen, 4 truk pasir, dan 50 paket sembako. Tim Tugu Media Peduli X Bakti BCA menempuh perjalanan 7 jam dari Kota Malang. Dari kantor Tugu Media Group, tim mulai berjalan sejak pukul 11.00 WIB.

Jalan yang dipenuhi tanjakan dan turunan ekstrem, dikombinasikan jalanan rusak membuat truk pengangkut material bangunan harus berhenti beberapa kali karena kondisi rem yang panas. Belum lagi, kondisi jalan yang mulai gelap membuat tim relawan harus ekstra hati-hati dan terus berkonsentrasi.

Hasilnya, sekitar pukul 19.00 WIB, seluruh tim berhasil sampai di rumah salah satu perangkat Desa Purwodadi untuk menurunkan material bangunan.

Perjalanan relawan dari Tugu Media Peduli X Bakti BCA untuk korban gempa di Desa Pesisir Malang begitu ekstrem. (Foto: Bayu Eka/Tugu Jatim)
Perjalanan relawan dari Tugu Media Peduli X Bakti BCA untuk korban gempa di Desa Pesisir Malang begitu ekstrem. (Foto: Bayu Eka/Tugu Jatim)

“Secara keseluruhan warga Desa Purwodadi semuanya terdampak. Tapi, yang paling parah itu di Dusun Purwodadi, Desa Purwodadi, RW 04 RT 08, sementara untuk yang rusak ringan tersebar di seluruh Desa Purwodadi,” terang Sidiq Fajar selaku Kasi Pemerintahan Desa Purwodadi.

Dia menjelaskan, total ada 3 rumah yang rusak berat akibat gempa 6,1 Magnitudo pada 10 April 2021.

“Kalau untuk yang parah itu kategorinya yang tidak bisa ditempati sehingga langsung kami buatkan tenda darurat. Dan yang parah di Desa Purwodadi ada 3 rumah, yang 2 parah tapi masih berani ditempati,” bebernya.

“Rumah yang terdampak parah, kami sudah berkoordinasi dengan tuan rumahnya. Jadi, kami buatkan 2 rumah sementara. Karena kami dananya sharing dari tuan rumah, dari swadaya masyarakat sekitar, karang taruna, desa, dan para donatur,” sambungnya.

Beberapa fasilitas umum seperti musala, gereja, dan sekolah juga mengalami kerusakan akibat gempa tersebut.

“Kalau fasilitas umum yang terdampak ada 1 gereja, 5 musala, 2 SMP, dan 3 SD. Untuk fasilitas umum ini kategorinya sedang dan ringan karena hanya retak-retak saja,” ujarnya.

Melalui perjalanan yang ekstrem, relawan sampai untuk memberikan bantuan kepada korban gempa. (Foto: Bayu Eka/Tugu Jatim)
Melalui perjalanan yang ekstrem, relawan sampai untuk memberikan bantuan kepada korban gempa. (Foto: Bayu Eka/Tugu Jatim)

Terakhir, dia juga mengucapkan terima kasih kepada Tugu Media Peduli X Bakti BCA yang sudah mau memberi bantuan di desanya.

“Bantuan dari Tugu Media Group dan Bakti BCA ini cukup membantu sekali. Selain karena kepedulian kepada sesama, itu bantuan yang sangat membantu untuk orang-orang terdampak gempa,” ujarnya.

Donasi Gempa Malang yang kini perolehannya sudah tembus Rp 241.949.999 itu terinspirasi dari Dr Aqua Dwipayana. Dia yang membaca berita Gempa Malang melalui tugumalang.id dan tugujatim.id, spontan menyumbang Rp 10 juta. Donasi tersebut didapat dari hasil penjualan dua buku terbarunya yang merupakan bagian dari serial Trilogi The Power of Silaturahim yang berjudul “Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)” serta “Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama”.

Karena aksi spontanitas Dr Aqua Dwipayana inilah, manajemen Tugu Media Group langsung membuka donasi tersebut. Selain dari Dr Aqua Dwipayana, donasi juga datang dari CSR BCA senilai Rp 100.000.000, CEO PT Paragon Technology and Innovation Salman Subakat senilai Rp 25.000.000, Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja yang memberi donasi pribadi Rp 15 juta, dan pengusaha asal Jogjakarta Tjia Edy Susanto yang membantu Rp 15 juta.

Ada juga Presiden Direktur PT Duta Anggada Realty Ventje Suardana yang mengirim sumbangan Rp 10 juta. Lalu sumbangan dari PT DnV Internasional Makmur Gemilang Rp 7 juta. Juga dari pengusaha yang berasal dari Kediri Nanang Suswandono sebanyak Rp 5 juta, dan ada sejumlah pengusaha lainnya.

Sampai saat ini, sudah dilaksanakan penyaluran tahap pertama dan kedua bantuan oleh Tugu Media Group. Dan hari ini (25/05/2021) dilaksanakan penyaluran bantuan tahap ketiga atau tahap terakhir dari Tugu Media Peduli.

  • Bagikan