Perlakukan Orang Tua Teman sebagai Orang Tua Sendiri, Dr Aqua Laksanakan Silaturahim Bukan Sekadar Slogan - Tugujatim.id

Perlakukan Orang Tua Teman sebagai Orang Tua Sendiri, Dr Aqua Laksanakan Silaturahim Bukan Sekadar Slogan

  • Bagikan
Dr Aqua. (Foto: Dr Aqua Dwipayana/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana bersama Pimpinan BRI Cabang Sumedang Bayu Adityo (kanan) silaturahim ke Yayat Suhayati (kerudung merah) di rumah putri bungsunya Devi Juwitasari (kerudung kuning) di Perum Golden Housing Islamic, Jalan Kutamaya, Sumedang.(Foto: Dr Aqua Dwipayana)

SUMEDANG, Tugujatim.id – Usai memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada para karyawan BRI Cabang Sumedang, pada Rabu pagi (29/06/2022), Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana bersama Pimpinan BRI Cabang Sumedang Bayu Adityo silaturahim ke Yayat Suhayati di rumah putri bungsunya Devi Juwitasari. Alamatnya di Perum Golden Housing Islamic, Jalan Kutamaya, Sumedang.

Yayat adalah ibu dari Direktur Harian Pagi Radar Tasikmalaya Dadan Alisundana. Sedangkan Dadan teman akrab Dr Aqua.

Pada Selasa malam (28/06/2022) saat di mobil dalam perjalanan dari Jakarta ke Sumedang, Dr Aqua telepon Dadan. Ketika komunikasinya tersambung, selain menanyakan kabar Dadan sekeluarga, juga tanya tentang ibunya.

Dr Aqua sangat familier dengan kedua orang tua Dadan. Mereka beberapa kali jumpa termasuk dengan almarhum bapaknya, Bunyamin. Pertemuannya sejak 2015 di Sumedang. Juga pernah ketemu di Yogyakarta.

Dr Aqua. (Foto: Dr Aqua Dwipayana/Tugu Jatim)
Suasana gayeng saat Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana bersama Pimpinan BRI Cabang Sumedang Bayu Adityo (kanan) silaturahim ke Yayat Suhayati (kerudung merah).(Foto: Dr Aqua Dwipayana)

Dr Aqua sudah menganggap Bunyamin dan Yayat seperti orang tuanya sendiri. Sehingga selalu hormat pada mereka. Dadan menginfokan sejak bapaknya meninggal pada 17 Juli 2018, ibunya sering tinggal di rumah anak-anaknya. Baik di Sumedang, Tasikmalaya, maupun Yogyakarta.

“Ibu saya sekarang sedang di rumah Devi, adik paling kecil, yang tinggal di Sumedang. Silakan mampir untuk silaturahim,” ujar Dadan sambil mengirimkan nomor telepon genggam Devi.

Rabu pagi saat Dr Aqua sedang di BRI Cabang Sumedang, Devi kirim WA. “Assalamuallaikum, Pak Aqua, saya Devi adeknya a Dadan. Nanti bapak mau mampir ketemu mama?🙏 Kebetulan mama sedang di rumah saya🙏 Ini lokasi rumah ya pak yakni Perum Golden Housing Islamic depan Islamic Centre Blok G No 2🙏”

“Aww, siap Mbak DEVI. Insya ALLAH saya mampir. Makasih banyak Mbak DEVI.” Respons Dr Aqua.

Sudah Lama Kenal

Kedatangan Dr Aqua dan Bayu disambut hangat oleh Yayat, Devi, dan cucu-cucunya. Terlihat bahwa mereka sudah lama kenal. Komunikasinya akrab sekali dan tidak ada jarak. Mereka saling menanyakan kabar. Sementara Devi menyajikan aneka makanan yang enak termasuk tahu makanan khas Sumedang.

Tidak hanya itu. Bahkan ketika pamit, Dr Aqua mendapat banyak oleh-oleh tahu dari Devi. “Buat makan di jalan,” ujar Devi.

Kunjungan Dr Aqua tersebut sepenuhnya silaturahim. Juga sebagai bentuk penghargaannya ke orang tua Dadan.

Selama ini di mana pun berada setiap ada kesempatan meski hanya sebentar, Dr Aqua selalu menyempatkan silaturahim ke banyak orang. Tidak hanya ke relasinya tetapi juga ke para orang tua dan anak-anak kawan-kawannya.

Semua aktivitas itu diniatkan sepenuhnya ibadah dan melakukannya dengan penuh sukacita. Sehingga menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan dan mengesankan sekali.

“Assalamualaikum. Terima kasih bos sdh silaturahmi ke ibu kami. Semoga Allah Swt melimpahkan barokah. Aamiin,” tulis Dadan melalui WA kepada Dr Aqua.

Teladan Kebajikan

Dr Aqua memang sosok yang pantas menjadi teladan bagi siapapun. Penghormatan kepada orang tua atau orang yang lebih senior dari dirinya sudah menancap dengan kuat dalam sanubarinya. Doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran ini sangat yakin akan ajaran Islam tentang keberkahan menghormati kedua orang tua kita.

Salah satu penentu keberkahan dalam hidup adalah bakti dan hormat kita kepada kedua orang tua. Berbakti kepada kedua orang tua (birrul walidain) merupakan naluri dan fitrah setiap manusia. Karena dalam jiwa setiap orang tertanam sifat cinta dan hormat kepada kedua orang tuanya atau ayah ibunya. Kedua ibu bapaknyalah yang menjadi sebab kehadiran setiap orang ke dunia ini.

Keyakinan ini sangat terpatri dalam sanubari Dr Aqua. Sejatinya, pria yang memilki jaringan yang luas tersebut sudah kehilangan kedua orang tua kandungnya sejak lama. Telah belasan tahun lalu. Akan tetapi, sikap homat, santun, dan sangat berbakti kepada mereka yang lebih senior dan memang secara usia layak menjadi orang tua dari sosok yang hobi silaturahim tersebut, tidak pernah memudar.

Dalam memberikan penghormatan itu Dr Aqua tidak pernah bersikap diskriminatif. Siapa saja yang lebih tua darinya pasti sangat dihargainya.

Dr Aqua. (Foto: Dr Aqua Dwipayana/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana bersama Pimpinan BRI Cabang Sumedang Bayu Adityo (kanan) silaturahim ke Yayat Suhayati, ibu dari Direktur Harian Pagi Radar Tasikmalaya Dadan Alisundana, di Perum Golden Housing Islamic, Jalan Kutamaya, Sumedang.(Foto: Dr Aqua Dwipayana)

Tidak hanya itu, meskipun baru pertama kali ketemu, di depan orang banyak, penulis buku “super best seller” berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” ini tidak ragu-ragu mencium tangan para orang tua teman-temannya. Menganggapnya seperti orang tuanya sendiri.

Dr Aqua tak pernah berbasa-basi atau menjadikan silaturahim semata sebagai slogan. Ia konstan dan konsisten menjalankan silaturahim tanpa batas kepada siapapun. Termasuk pada orang tua teman-temannya yang bagi Dr Aqua sudah dianggap dan diperlakukan sebagai orang tuanya sendiri.

Sesibuk-sibuknya dengan berbagai agenda terutama melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi, Dr Aqua tetap melaksanakan silaturahim. Telah sering sekali penulis buku-buku “super best seller” itu melakukannya. Tidak jarang bahkan sering dilakukan, saat singgah di sebuah kota, meski dirinya tidak bisa bertemu langsung dengan teman atau sejawatnya, Dr Aqua tetap meluangkan waktu dengan ikhlas untuk bisa bertemu dengan orang tua temannya itu.

Sebelum silaturahim ke para orang tua temannya, biasanya Dr Aqua menanyakan kepada anak-anaknya apa kesukaan orang tuanya. Hal itu sengaja ditanyakan agar dibawakan saat silaturahim. Selain itu, ketika mau pamit, Dr Aqua biasanya memberikan sejumlah uang kepada para orang tua temannya.

Semua itu dilakukan Dr Aqua sebagai wujud rasa hormat dan penghargaan kepada semua orang tua yang didatangi. Semuanya merasa senang dan bahagia. (*)

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim , 
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan