Persiapan Sekolah Tatap Muka, Kodim 0811 Tuban Gelar Serbuan Vaksinasi untuk Santri hingga Pelajar - Tugujatim.id

Persiapan Sekolah Tatap Muka, Kodim 0811 Tuban Gelar Serbuan Vaksinasi untuk Santri hingga Pelajar

  • Bagikan
Proses vaksinasi yang dilakukan di Ponpes Ash Shomadiyah Tuban, Kamis (02/09/2021). (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Proses vaksinasi yang dilakukan di Ponpes Ash Shomadiyah Tuban, Kamis (02/09/2021). (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Kodim 0811 Tuban berupaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dengan menggelar serbuan vaksinasi untuk santri hingga pelajar. Mereka menyiapkan sebanyak 7.750 dosis untuk pelaksanaan serbuan vaksinasi untuk 57 ponpes di Bumi Wali ini.

Dan sebanyak 100 dosis vaksin Covid-19 diberikan kepada Santri Pondok Pesantren (Ponpes) Ash-Shomadiyah Tuban, tepatnya di Jalan KH Agus Salim Nomor 44, Kelurahan Kingking, Kecamatan Tuban, Kamis (02/09/2021). Vaksin yang diberikan ke santri ini merupakan satu di antara program serbuan vaksinasi yang digelar Kodim 0811 Tuban secara serentak.

Petugas vaksinator mengecek tekanan darah dari para santri di Tuban. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Petugas vaksinator mengecek tekanan darah dari para santri di Tuban. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

Santri yang telah berkumpul tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Satu per satu santri mengisi formulir dan kartu vaksin. Secara bergiliran, mereka diperiksa suhu tubuh, tensi darah, dan ditanya terkait rekam jejak medis yang pernah diderita.

Usai screening dan dianggap memenuhi syarat menerima vaksinasi, mereka menuju ke ruangan yang telah disiapkan untuk vaksinator memvaksiasi mereka.

Sementara itu, pengasuh Ponpes Ash Shomadiyah Tuban Agus Riza Shalihuddin Habibi saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sangat mendukung program ini. Sebab, ini salah satu cara membentuk kekebalan komunitas ataupun kelompok (herd immunity) meski tetap harus menerapkan prokes.

“Kami sangat senang dan berterima kasih telah diberikan bantuan vaksinasi gratis. Semoga ikhtiar ini membuahkan hasil yang baik untuk kita semua,” kata pria yang akrab disapa Gus Riza ini.

Gus Riza juga menambahkan, akan memulai kegiatan pembelajaran tatap muka pada Senin (06/09/2021). Sebab, salah satu prasyaratnya yaitu para santri harus vaksinasi terlebih dulu.

“Insyaa Allah Senin depan kami mulai pembelajaran tatap muka,” ucap salah satu menantu dari KH Mustofa Bisri, Kabupaten Rembang, ini.

Para vaksinator men-screening para santri di Tuban sebelum divaksinasi. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Para vaksinator men-screening para santri di Tuban sebelum divaksinasi. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

Di tempat terpisah, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon mengatakan, gebrakan serbuan vaksinasi yang dilaksanakan secara serentak itu dilakukan mulai 1-2 September 2021.

Dia menjelaskan, Rabu (01/09/2021), sebanyak 3.400 dosis vaksin disuntikkan pada santri di 5 titik ponpes, yaitu Ponpes Langitan Widang (1.500 dosis), Ponpes Nurul Sallam Singgahan (1.000 dosis), Ponpes Al-Hadi Rengel (500 dosis), Ponpes Al-Kittah Merakurak (304 dosis), dan Ponpes Darul Falah Al-Fatahiyah Palang (96 dosis).

Vaksinasi untuk kalangan santri, pelajar, dan pengasuh ponpes ini diberikan guna menunjang proses belajar mengajar secara tatap muka.

“Semoga vaksinasi ini berjalan lancar dan sesuai dengan rencana dan jika memang masih ada kekurangan stok vaksin, bisa dilaporkan secara berjenjang ke pihak kami. Harapannya, kita semua telah divaksin dosis pertama dan kedua,” ujar Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon.

Dia juga berpesan kepada para tenaga kesehatan (nakes) dan vaksinator agar melaksanakan tugas dengan semaksimal mungkin.

“Terima kasih atas kerja sama semua pihak yang terkait. Semoga program vaksinasi ini dapat berjalan dengan lancar dan santri serta pelajar bisa kembali melaksanakan aktivitasnya dengan menerapkan prokes,” tegasnya.

  • Bagikan