Pertama di Asia Tenggara, Jokowi Groundbreaking Pembangunan Pabrik Industri Baterai Kendaraan Listrik - Tugujatim.id

Pertama di Asia Tenggara, Jokowi Groundbreaking Pembangunan Pabrik Industri Baterai Kendaraan Listrik

  • Bagikan
Presiden Jokowi dalam acara groundbreaking Pabrik Industri Baterai Kendaraan Listrik di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/09/2021). (Foto: YouTube Sekretariat Presiden/Tugu Jatim)
Presiden Jokowi dalam acara groundbreaking Pabrik Industri Baterai Kendaraan Listrik di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/09/2021). (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA, Tugujatim.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Pabrik Industri Baterai Kendaraan Listrik PT HKML Battery Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/09/2021). Pabrik industri baterai kendaraan listrik ini menjadi yang pertama di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

“Kami patut bersyukur hari ini bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia, bahkan yang pertama di Asia Tenggara,” ungkap Jokowi.

Jokowi mengungkap, pabrik ini dibangun dengan nilai investasi sebesar US$ 1,1 miliar atau setara Rp 21 triliun. Dia mengatakan, itu juga sebagai wujud keseriusan pemerintah untuk melakukan hilirisasi industri serta mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas menjadi berbasis industrialisasi.

“Masuk ke industrialisasi, menjadi negara industri yang kuat dengan berbasis pada pengembangan inovasi teknologi,” tegas Jokowi.

Presiden meyakini pengembangan industri baterai listrik ini akan meningkatkan daya tarik Indonesia sebagai negara tujuan investasi dari industri turunan yang menggunakan baterai, seperti motor listrik, bus listrik, dan mobil listrik.

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahaladia menekankan target produksi baterai mobil listrik bisa dilakukan mulai Mei 2022.

“Pada Mei 2022 paling lambat insyaa Allah sudah produksi. Jadi, mobilnya sudah paten, istilah Pak Menko itu patenkan barangnya. Tapi, insyaa Allah kami produksi,” kata dia.

Hadir dalam agenda tersebut secara langsung maupun virtual, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Umar Hadi, Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Park Taesung, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, Chairman Hyundai Motor Group Chung Eui-sun, President Hyundai Motor Asia-Pacific Lee Kang Hyun, CEO LG Energy Solution Jonghyun Kim, dan CEO PT HKML Battery Indonesia William Hong.

  • Bagikan