Pesan Inspiratif Dr Aqua Dwipayana: Jangan Menggantungkan Rezeki pada Siapapun Kecuali Tuhan Semata - Tugujatim.id

Pesan Inspiratif Dr Aqua Dwipayana: Jangan Menggantungkan Rezeki pada Siapapun Kecuali Tuhan Semata

  • Bagikan
Dr Aqua Dwipayana saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Hikmah Sawi, Bangkalan, Madura, pada Senin malam, 30 Agustus 2021 lalu. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Dr Aqua Dwipayana saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Hikmah Sawi, Bangkalan, Madura, pada Senin malam, 30 Agustus 2021 lalu. (Foto: Dokumen)

BANGKALAN, Tugujatim.id – Setiap orang dituntut untuk senantiasa mengedepankan rasa bersyukur atas karunia rezeki dari Tuhan Yang Maha kuasa. Sebab rezeki tidak hanya berupa uang atau material semata tetapi semua karunia-Nya yang membuat kita dapat hidup dan menjalani aktivitas keseharian. Maka, jangan menggantungkan rezeki dari siapapun kecuali Allah SWT semata.

“Jangan bingung soal kehilangan gaji atau pekerjaan di masa pandemi Covid-19 ini. Ingat, gaji dari perusahaan, sedangkan rezeki dari Allah, gaji ada slipnya, rezeki tidak ada. Gaji hanya uang sedangkan rezeki lebih dari itu. Gaji terjadwal itupun kadang meleset, tapi rezeki tidak terduga, gaji dijemput dengan kerja sedangkan rezeki dengan ketakwaan,” ungkap Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saat Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan tema “Melayani dengan Setulus Hati” di hadapan puluhan orang yang memenuhi Aula di lantai tiga Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Hikmah Sawi, Bangkalan, Madura, pada Senin malam, 30 Agustus 2021 lalu.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Komandan Polisi Militer Kodam (Danpomdam) V/Brawijaya Kolonel Cpm Moh. Sawi beserta istri Ny Hikmah Sawi yang juga pemilik rumah sakit itu.

Juga hadir para guru dan pegawai administrasi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Mutiara Ilmu Bangkalan. Itu merupakan Sekolah Dasar terbaik dan favorit di Bangkalan yang para siswanya telah menorehkan banyak prestasi di tingkat nasional.

Hikmah Sawi bersama keluarga. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Hikmah Sawi bersama keluarga. (Foto: Dokumen)

Sebelumnya pada pagi hari, Dr Aqua melakukan kegiatan serupa di hadapan para prajurit Polisi Militer Angkatan Darat (Pomad) di lingkungan Pomdam V/Brawijaya yang juga diikuti para anggota Denpom V/4 Surabaya di Gedung Aula Mapomdam V/Brawijaya. Kegiatan itu dihadiri Sawi beserta istri Ny Hikmah Sawi dan Dandenpom V/4 Surabaya Letkol Cpm David Medion. Kegiatannya berlangsung sekitar tiga jam.

Siang harinya, Dr Aqua menyambangi Denpom V/3 Malang untuk melaksanakan kegiatan serupa di Aula Gadjah Mada, yang dihadiri langsung Dandenpom V/3 Malang Mayor Cpm Yudho Ari Irawan.

Pada Selasa pagi, 31 Agustus 2021 Dr Aqua melanjutkan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Denpom V/2 Mojokerto. Acaranya dipimpin langsung oleh komandannya Letkol Cpm Sucipto. Sedangkan siangnya dipimpin Dandenpom
V/1 Madiun Mayor Cpm Dahnial Hendra Lukmana acara serupa dilaksanakan di kantornya.

Selama dua hari Sharing Komunikasi dan Motivasi, Dr Aqua melaksanakan seluruhnya lima sesi. Semua peserta antusias sekali. Hal itu membuat pria yang suka silaturahim itu jadi makin bersemangat.

Meski jadwalnya sangat padat, namun bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu tetap semangat setiap melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Hal itu membuat para peserta antusias dan banyak yang bertanya saat sesi tanya-jawab.

Kunci Sukses

Menurut doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) Bandung itu sampai saat ini, tidak ada yang tahu sampai kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir. Untuk itu kita perlu menyikapinya secara positif dengan ikhlas.

“Tidak ada yang tahu pandemi Covid-19 sampai kapan. Namun, intinya adalah teruslah bekerja dan membangun sinergi luar biasa. Kuncinya ikhlas dan lakukan semua hal dengan penuh sinergi dan kolaborasi atau kerjasama. Sikap ikhlas dalam pekerjaan adalah bekerja secara totalitas dengan menggunakan hati dan jangan berpikir apa yang kita dapatkan. Mulailah dengan sederhana, berdoa, dan mulai bekerja dengan tidak hitung-hitungan. Lakukan dengan penuh keyakinan dan insya Allah nanti kebaikan akan kita dapatkan,” tegas Dr Aqua.

Dr Aqua menegaskan  bahwa bagi para tenaga kesehatan (nakes) dan guru tidak ada alasan untuk tidak bersyukur. Apalagi selama pandemi Covid-19 tetap mendapatkan banyak rezeki.

“Terutama karena sampai saat ini, di tengah pandemi Covid-19 kita masih diberikan kesehatan yang prima. Itu yang tidak bisa digantikan dengan uang berapapun. Semua nakes yang berada di sini sudah berperan penting baik secara langsung maupun tidak langsung dalam kaitan Covid-19. Peran besar ini yang pasti diapresiasi semua orang. Untuk inilah semua harus bersyukur,” ucapnya.

Terkait dengan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, menurut anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat itu, seluruh pegawai perlu melaksanakan 3K. Hal itu merupakan kunci sukses dalam melakukan semua aktivitas.

“K” yang pertama, tambah Dr Aqua adalah Kredibilitas. Sebagai nakes di Rumah Sakit Hikmah Sawi harus selalu berusaha untuk menjadi orang yang dipercaya. Apalagi bekerjanya di sektor kesehatan yang sangat erat dengan nyawa manusia. Sehingga kepercayaan itu menjadi hal yang utama.

Sementara, ‘K’ yang kedua adalah Komitmen. Sebagai nakes menurut motivator yang telah memotivasi ratusan ribu orang di 34 provinsi dan puluhan negara ini, kita harus selalu melaksanakan janji. Tepati, jangan sampai mengingkarinya. Sehingga seluruh mitra terutama para pasien dan keluarganya selalu mempercayainya.

“Terakhir, “K” yang ketiga adalah Konsisten. Lakukan semua aktivitas terutama dalam bekerja secara konsisten. Ini sangat penting karena erat kaitan dengan kredibilitas sebagai nakes,” ucap Dr Aqua.

  • Bagikan