Polres Tuban Gelar Pelatihan Lacak Covid-19 pada Bhabinkamtibmas

  • Bagikan
Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono saat pelatihan Bhabinkamtibnas di jajarannya. (Foto: Humas Polres Tuban) tugu jatim
Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono saat pelatihan Bhabinkamtibnas di jajarannya. (Foto: Humas Polres Tuban)

TUBAN, Tugujatim.id – Bhabinkamtibmas di lingkungan Polres Tuban diberikan pelatihan lacak Covid- 19, Jumat (26/2/2021). Hal tersebut dilakukan sebagai langkah dalam pencegahan penyebaran Covid-19 yang ada di masing-masing desa binaannya.

Puluhan perwakilan Bhabinkamtibmas Polsek jajaran pun diberikan penguatan testing dan tracing.

BANNER DONASI

Kapolres Tuban dalam sambutannya menyinggung sejumlah anggotanya yang tertular Covid-19 selama tugas di lapangan lantaran anggotanya turut membantu tenaga kesehatan melakukan tracing di lapangan untuk menemukan seseorang yang dekat maupun kontak erat dengan pasien Covid-19, yang mana kegiatan ini diperlukan kehati-hatian.

“Supaya jangan sampai para Bhabinkamtibmas sendiri yang justru tertular. Gunakan masker, rajin cuci tangan, lindungi diri secara maksimal,” kata Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono.

Pelatihan lacak Covid-19 pada Bhabinkamtibnas yang dilakukan oleh Polres Tuban. (Foto: Humas Polres Tuban) tugu jatim
Pelatihan lacak Covid-19 pada Bhabinkamtibnas yang dilakukan oleh Polres Tuban. (Foto: Humas Polres Tuban)

Pihaknya berpesan, agar bisa melakukan tugas ini dengan baik membantu tenaga kesehatan yang ada di wilayah masing-masing untuk melakukan tracing.

“Tujuan dilakukan tracing adalah untuk mengetahui secara dini, siapa saja yang pernah kontak erat dengan seseorang yang dinyatakan konfirmasi positif, sehingga bisa cepat dan lebih gampang untuk kita tangani,” ungkap mantan Kapolres Madiun ini.

Sementara itu, Kasi Pencegahan dan pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Tuban, Agus Waskito mengatakan, memang peran Bhabinkamtibmas bersama Babinsa dan tenaga kesehatan dari Puskesmas melaksanakan pendataan kepada siapa saja yang pernah kontak erat dengan pasien konfirmasi positif, maupun probable yang ada di wilayahnya.

Selanjutnya di-input ke dalam aplikasi “Lacak Covid 19 Kemenkes” serta dilaporkan secara berjenjang kepada pimpinan atas untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

“Insyaallah kalau dengan aplikasi ini bisa bersinergi, Kita akan mendapatkan informasi dan data yang valid yang sangat membantu untuk percepatan penanganan Covid-19 sehingga permasalahan ini bisa teratasi dengan baik,” ucap Agus Waskitho selaku pemateri dalam pelatihan tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kasat Binmas Polres Tuban, AKP Ali Kantha menjelaskan tentang cara penggunaan aplikasi tersebut kepada Bhabinkamtibmas yang hadir dalam kegiatan tersebut. Warga yang pernah kontak dengan pasien isolasi mandiri bisa di input aplikasi ini

“Jika rekan-rekan Bhabinkamtibmas berada di desa binaannya masing-masing, silahkan dicatat dan dimasukkan kedalam aplikasi,” pungkasnya. (Mochamad Abdurrochim/gg)

  • Bagikan