Polresta Malang Kota dan Polkesma Siapkan 2.000 Dosis untuk Vaksinasi Massal Tahap 2 - Tugujatim.id

Polresta Malang Kota dan Polkesma Siapkan 2.000 Dosis untuk Vaksinasi Massal Tahap 2

  • Bagikan
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto saat meninjau program vaksinasi lewat Arema Police Sobo Kelurahan di Stadion Gajayana Malang, Jumat (25/6/2021). (Foto: Rubianto/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto saat meninjau program vaksinasi lewat Arema Police Sobo Kelurahan di Stadion Gajayana Malang, Jumat (25/6/2021). (Foto: Rubianto/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Polresta Malang Kota bersama Politeknik Kesehatan Malang (Poltekkes Malang atau Polkesma) rencananya bakal menggelar vaksinasi massal tahap 2 pada Kamis (5/8/2021) ini. Total sebanyak 2.000 dosis akan disiapkan dalam agenda vakinasi tersebut.

“Demi percepatan vaksinasi, memang saat ini Polresta Malang Kota sedang melaksanakan vaksinasi tahap kedua. Mengingat memang vial yang saat ini stok kita untuk tahap dua. Rencana hari Kamis kita akan kerja sama dengan Polkesma, itu kurang lebih 2.000 dosis untuk tahap kedua yang sebelumnya telah kita laksanakan,” terang Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto, saat dikonfirmasi pada Senin (02/07/2021).

Polresta Malang Kota juga sudah mengirim surat kepada Wali Kota Malang, Sutiaji, serta ke Polda Jatim untuk mendapat dosis tahap satu untuk vaksinasi untuk masyarakat umum.

“Sehingga kita bisa melaksanakan di gerai vaksin, poliklinik, dan kerja sama dengan UM dan Poltekkes untuk tahap satunya,” paparnya.

Budi juga menyampaikan jika Polresta Malang Kota siap melaksanakan vaksinasi massal apabila sudah mendapatkan stok vaksin baik dari Pemkot Malang, Dinkes Kota Malang, Pemprov Jatim, maupun Polda Jatim.

“Kalau kami diberik vaksin sebanyak mungkin ya kami laksanakan. Pada saat ini juga kami melibatkan relawan dari berbagai ormas organisasi kepemudaan, relawan yang ada memiliki kualifikasi sebagai tenaga perawat, nanti vaksinatornya tetap yang bersertifikasi,” ujarnya.

“Mulai dari entri data screening dan observasi kita akan libatkan relawan di Malang Raya. Itu nanti yang akan memperkuat gerai vaksin di Polresta yang dilaksanakan 150 sampai 250 orang setiap harinya untuk dosis pertama,” sambungnya.

Terakhir, Budi juga memaparkan cara-cara yang bisa ditempuh warga masyarakat yang ingin melaksanakan vaksinasi.

“Pertama, secara manual kepada Bhabinkamtibmas dan Polsek terdekat. Kedua kita nanti akan buka melalui google form juga, tapi kan tidak semua paham. Ketiga nanti kita buka juga tapi tidak banyak pada saat bersangkutan datang. Mengingat kita menghindari kerumunan, stok vaksin juga,” tandasnya.

  • Bagikan