Polri Beri Sinyal Lampu Hijau untuk Penyelengaraan Liga 1 dan 2 - Tugujatim.id

Polri Beri Sinyal Lampu Hijau untuk Penyelengaraan Liga 1 dan 2

  • Bagikan
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali telah melakukan rapat koordinasi (rakor) pengkajian pemberian rekomendasi izin keramaian untuk penyelenggaraan kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2. Usai memimpin rakor, Menpora Amali optimis Polri memberikan izin bergulirnya kompetisi. (Foto: website kemenpora.go.id/Tugu Jatim)
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali telah melakukan rapat koordinasi (rakor) pengkajian pemberian rekomendasi izin keramaian untuk penyelenggaraan kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2. Usai memimpin rakor, Menpora Amali optimis Polri memberikan izin bergulirnya kompetisi. (Foto: website kemenpora.go.id)

Tugujatim.id – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memberikan sinyal lampu hijau untuk menggelar pertandingan Liga 1 maupun Liga 2. Diperkirakan pada pekan ini, izin penyelenggaraan keramaian akan dikeluarkan oleh Polri.

Dilansir dari webiste resmi kemenpora.go.id, Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto menerangkan, izin kompetisi sepak bola nasional saat ini tengah dalam proses setelah pihak PT Liga Indonesia Baru mengajukan permohonan penyelenggaraan. Imam menyebutkan, surat izin Liga 1 musim 2021/2022 berpeluang akan dikeluarkan pada Kamis (27/05/2021).

“Semoga tanggal 27 surat izin penyelenggaraan keramaian dalam rangka kompetisi Liga 1 dan Liga 2 sudah bisa dikeluarkan. Ini masih dilengkapi persyaratan rekomendasi dari yang akan ketempatan penyelenggaraan,” ujar Imam.

Melihat dari pengalaman turnamen pramusim Piala Menpora 2021, jenderal bintang dua itu memandang pengamanan berjalan dengan sukses. Hal tersebut menjadi acuan bagi pihak kepolisian untuk penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 dengan peningkatan kapasitas.

“Karena mengingat penyelenggaraan yang cukup lama, mungkin sampai Maret 2022. Semoga ini bisa sukses,” jelasnya.

Saat Persatu Tuban berlaga di Liga 2 Indonesia pada September 2019, di Stadion Bumi Wali Tuban. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)
Saat Persatu Tuban berlaga di Liga 2 Indonesia pada September 2019, di Stadion Bumi Wali Tuban. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mendukung penuh segera bergulirnya kompetisi sepak bola, baik liga kasta tertinggi di Indonesia maupun Liga 2.

“Kita tadi melalukan rapat koordinasi tentang izin penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Optimis ya (izin bisa dikeluarkan). Kita mau supaya penyelenggaraan kompetisi bisa berjalan dengan sesuai aturan,” kata Menpora Amali dalam keterangan persnya di Media Centre Kemenpora, Jakarta, Senin (24/05/2021).

Kendati demikian, pihaknya juga memperingatkan kepada seluruh pihak yang berperan selama kompetisi di dalam lapangan maupun luar lapangan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Sebagaimana diketahui, kompetisi ini durasinya tentu berbeda dengan turnamen Piala Menpora, itu berlangsung sekitar sebulan. Nah, kalau ini (kompetisi) mungkin lewat tahun (hingga 2022),” kata Menpora Amali.

  • Bagikan