PON XX Papua Usai, Ini 5 Fakta Menariknya

PON XX Papua Usai, Ini 5 Fakta Menariknya

  • Bagikan
Maskot PON XX Papua. /tugu jatim
Maskot PON XX Papua. (Foto: Pinterest)

Oleh : Zahra Qolbi Ainayah*

Tugujatim.id – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua telah resmi ditutup. Gelaran olahraga akbar tersebut berlangsung dengan sukses sekalipun ada satu dua persoalan. Namun demikian, semua persoalan telah selesai sebelum penutupan pesta olahraga itu. Semua orang berbangga dengan gelaran ini, terlebih para juaranya. Berikut 5 fakta menarik tentang PON XX Papua yang dirangkum dari beberapa sumber.

Di akhir penutupan, Provinsi Jawa Barat (Jabar) dinobatkan sebagai juara umum PON XX Papua 2021 dengan total medali 133 emas, 105 perak, dan 118 medali perunggu. Total Jabar  mengoleksi 353 medali sekaligus sebagai pemimpin klasemen PON XX Papua.

Dibalik acara Pekan Olahraga nasional yang diadakan rutin empat tahunan ini sudah pasti memiliki fakta-fakta unik dan menarik yang belum diketahui banyak orang.

1. PON Pertama di Tanah Papua

PON ke-20 pertama kalinya diadakan di Stadion Lukas Enembe Kabupaten Jayapura, Papua. Dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi sekaligus menjadi kebanggaan dan kemajuan tanah Papua. Selain itu, PON XX Papua menjadi suatu momentum mempererat tali persaudaraan serta mewujudkan persatuan.

2. PON Pertama yang Mengadakan e-Sport

Pertama kalinya dalam sejarah, Pekan Olahraga Nasional (PON) menghadirkan pertandingan e-sport atau olahraga elektronik. E-sport masuk ke ajang PON XX Papua 2021 mempertandingkan beberapa permainan sekaligus, seperti Free Fire, Mobile Legend, dan e-football FES 2021.

3. Stadion Lukas Enembe Dijadikan Stadion PON XX Papua

Stadion Lukas Enembe menjadi stadion termegah kedua di Indonesia setelah stadion Gelora Bung Karno (GBK) yang menjadi tempat pembukaan PON XX di Papua pada tahun 2021. Dengan kualitasnya yang baik, stadion ini juga dinobatkan sebagai stadion terbaik versi StadiumDB.com pada 2019 lalu.

4. Hewan Endemik Langka Jadi Maskot PON XX Papua

Maskot menjadi salah satu daya tarik tersendiri saat perayaan Pekan Olahraga di Indonesia. PON XX Papua menghadirkan maskot cukup menarik, yaitu hewan kangguru pohon yang bernama Kangpho dan burung cenderawasih yang bernama Drawa. Hewan-hewan tersebut merupakan hewan yang rentan terhadap perburuan dan menjadi salah satu hewan endemik langka dari tanah Papua.

5. Cendera Mata yang Unik

PON XX Papua memberikan 25.000 official merchandise bagi atlet dan ofisial. Cendera mata tersebut cukup unik dalam bentuk noken, yaitu tas tradisional papua yang berfungsi sebagai alat untuk membawa barang. Noken menjadi ikon kearifan lokal budaya tanah Papua yang telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya.

*Penulis adalah member Pondok Inspirasi.

  • Bagikan