News  

Presiden Jokowi Bakal Runtuhkan Stadion Kanjuruhan, Dibangun Ulang sesuai Standar FIFA

runtuhkan Stadion Kanjuruhan. (Foto: tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden/Tugu Jatim)
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pada pers seusai pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino pada Selasa (18/10/2022). (Foto: tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

MALANG, Tugujatim.id – Pasca tragedi memilukan yang membuat 133 korban meninggal, Presiden Jokowi rencananya akan runtuhkan Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Tapi, usai diruntuhkan akan dibangun kembali dengan fasilitas dan standar bangunan sesuai aturan FIFA.

Presiden Jokowi menyampaikannya seusai menemui Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

“Saya menyampaikan (kepada Presiden FIFA) dan beliau mengapresiasi untuk runtuhkan Stadion Kanjuruhan di Malang. Kami akan bangun lagi sesuai standar FIFA,” ujarnya.

Setelah pembangunan tersebut, dia berharap Stadion Kanjuruhan menjadi contoh stadion dengan fasilitas yang baik dan bisa menjamin keselamatan penonton serta pemain. Dia juga menegaskan biaya pembangunan sepenuhnya ditanggung pemerintah pusat.

“Stadion Kanjuruhan Malang akan ditangani pemerintah pusat,” kata Jokowi.

Untuk diketahui, FIFA sendiri berencana berinvestasi di Indonesia. Bahkan, mereka akan berkantor di Indonesia dan akan membantu memperbaiki manajemen persepakbolaan.

“Presiden Gianni Infantino menyampaikan FIFA ingin berinvestasi banyak di Indonesia dalam hal yang berkaitan dengan stadion, keselamatan, suporter, dan sekolah-sekolah sepak bola yang ada di Indonesia. Dia ingin memberikan perhatian yang khusus pada negara kita,” ucap Jokowi.