Program Magang, Kemendikbudristek Siapkan 1.544 Posisi untuk Mahasiswa Se-Indonesia - Tugujatim.id

Program Magang, Kemendikbudristek Siapkan 1.544 Posisi untuk Mahasiswa Se-Indonesia

  • Bagikan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. (Foto: Dokumen/Kemendikbud) tugu jatim kuota internet gratis kemendikbud 2021
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. (Foto: Dokumen/Kemendikbud)

JAKARTA, Tugujatim.id – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) melalui Kampus Merdeka Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat kembali membuka pendaftaran magang bersertifikat periode registrasi 10 Juni-31 Juli 2021 untuk para mahasiswa. Kemendikbudristek menyiapkan sekitar 1.544 posisi untuk mahasiswa semester 5 hingga mahasiswa semester akhir dengan durasi 4-7 bulan dengan jangkauan hingga 20 SKS.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Aris Junaidi dalam Buku Panduan Merdeka Belajar mengatakan, Kampus Merdeka merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai kelimuan untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil.

Melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka, mahasiswa memiliki kesempatan untuk 1 semester atau setara dengan 20 SKS menempuh pembelajaran di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama dan paling lama 2 semester atau setara dengan 40 SKS menempuh pembelajaran pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda; pembelajaran pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda; dan atau pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Perusahaan dan Posisi Magang

Mahasiswa pun bisa mengajukan diri di sejumlah posisi yang telah dibuka. Melansir dari Kemdikbud.go.id, program tersebut datang dari beberapa start up hingga pemerintahan seperti Pemkot Kediri yang membutuhkan posisi analis sosial pemerintahan untuk jangka 4 bulan ke depan, sedangkan untuk start up ada seperti Lazada yang membutuhkan posisi affiliates marketing intern.

Selain itu, ada pula Bhinneka.com, Telkomsel untuk posisi 3D Content Creator hingga marketing, Cakrawala by Bukalapak untuk posisi advertising solution, Kompas Gramedia (activation officer), Bank CIMB Niaga (WFH analyst developer), Prudential untuk (actuarial), Bank DBS Indonesia (account payable & Tax Support), dan Kalbe (analyst).

Ada juga TANIHUB GROUP untuk posisi Accounting & Tax, Gama Multi Group (public relation), Assemblr EDU (3D animator), IT Total Solution (2D artist), Everidea Education (young leaders program), tiket.com (3D Ilustrator), dan Binar Academy untuk posisi academic affairs intern.

Selain Bersertifikat Keunggulan dari Magang Kampus Merdeka yaitu mahasiswa dapat mengonversikan SKS dan kualitas kegiatan yang telah dijamin oleh tim Kemendikbudristek, ada juga kebijakan work from home (WFH) sehingga bisa bekerja dari mana pun alias tidak perlu datang ke kantor seperti salah satunya program Cakrawala by Bukalapak.

Untuk diketahui, dalam durasi kegiatan magang ini, misalnya pada program Cakrawala oleh Bukalapak dilaksanakan pada 23 Agustus 2021-23 Feb 2022. Jadi, mahasiswa melaksanakan magang selama 6 bulan agar setara dengan 20 SKS.

Program Magang Diminati, Ada 7.302 Pendaftar di Kediri

Dikutip dari official akun Instagram @kampusmerdeka.ri, pada 3 Agustus 2021, ada sebanyak 7.302 mahasiswa telah mendaftar Program Magang Merdeka Kota Kediri dan diinformasikan untuk selalu cek e-mail (termasuk folder spam) untuk mengetahui jadwal dan proses seleksinya.

 

  • Bagikan