PWI Tuban Gelar Kuliah Umum tentang Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

  • Bagikan
Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein membuka acara puncak HPN 2021 PWI Tuban, Rabu (17/3/2021). (Foto: Moch Abdurochim/Tugu Jatim)
Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein membuka acara puncak HPN 2021 PWI Tuban, Rabu (17/3/2021). (Foto: Moch Abdurochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Dengan mengusung tema Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban, menggelar acara kuliah umum yang bertempat Pendapa Kridha Manunggal, Kabupaten Tuban, Rabu (17/3/2021).

Tiga tokoh nasional sebagai narasumber dipuncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021. Yakni Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak, Pengamat Ekonomi yang juga mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia Rizal Ramli, dan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang Prof Ahmad Erani Yustika.

Ketua PWI Tuban Pipit Wibawanto mengatakan awak media selalu mengkampanyekan berita positif. Pemberitaan positif sangat diperlukan masyarakat saat banyak kabar bohong yang terus beredar di media sosial. Di tengah massa sulit selama pandemi, PWI Tuban senantiasa menjadi oase di tengah gurun yang panas.

“Kami berharap media dapat menjadi lilin yang menjadi pelita saat kegelapan,” tutur dia.

Ketua PWI Jawa Timur Ainur Rofiq mengatakan di tengah ramainya informasi di media sosial, media mainstream menjadi rujukan utama untuk mengecek fakta. Ainur mengatakan media sosial adalah hal yang tidak bisa dihindarkan, tapi harus kita sikapi dengan bijak.

“Informasi di media sosial tidak terkonfirmasi, sehingga media perlu hadir di masyarakat untuk mencerahkan dan mencerdaskan,” tegas dia.

Acara dilanjutkan dengan penganugerahan PWI Award, santunan kepada anak yatim piatu dan sambutan Wakil Bupati Tuban Nohar Hussein yang sekaligus membuka acara kuliah umum. Dalam sambutannya Noor Nahar berpesan untuk tetap menjaga kredibilitas media.

“Selama pandemi banyak sektor terdampak Covid-19, sehingga kami mengapresiasi media tetap bertahan menyajikan informasi yang terkonfirmasi,” ungkap dia.

Kuliah umum dibuka dengan paparan prof. Ahmad Erani Yustika menjelaskan tentang tantangan yang dihadapi pemerintah dan sektor usaha selama pandemi. Sebab persoalan ekonomi saat ini menjadi pembahasan nasional dan internasional.

“Persoalan pandemi dihadapi semua negara di dunia, tapi ada strategi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,” tutur guru besar Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) Malang ini.

Paparan selanjutnya oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan ditutup oleh pengamat ekonomi yang juga mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rizal Ramli. Kedua tokoh itu membahas tentang peran yang harus dilakukan bersama untuk pemulihan ekonomi selama pandemi.

Melalui kuliah umum tersebut diharapkan ke depan tantangan ekonomi dapat diatasi. Setiap elemen dapat bahu membahu untuk kerja sama memulihkan perekonomian Indonesia. (Mochamad Abdurrochim/gg)

  • Bagikan