Resmi, PWNU Jatim Usulkan Kiai Miftach dan Gus Yahya Pimpin PBNU - Tugujatim.id

Resmi, PWNU Jatim Usulkan Kiai Miftach dan Gus Yahya Pimpin PBNU

  • Bagikan
Sebanyak 41 Pengurus Cabang dan Pengurus Wilayah NU Jatim bakal mengusulkan Kiai Miftachul Akhyar dan Gus Yahya sebagai Pimpinan PBNU dalam Muktamar NU ke-34 di Lampung, pada 23-25 Desember 2021. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Sebanyak 41 Pengurus Cabang dan Pengurus Wilayah NU Jatim bakal mengusulkan Kiai Miftachul Akhyar dan Gus Yahya sebagai Pimpinan PBNU dalam Muktamar NU ke-34 di Lampung, pada 23-25 Desember 2021. (Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim mengeluarkan surat keputusan yang sangat mengejutkan. Isi surat tersebut tentang usulan calon Rais Aam KH Miftachul Akhyar dan KH Yahya Cholil Staquf sebagai calon Ketum PBNU untuk periode 2021-2026.

Wakil Ketua PWNU Jatim KH Ahmad Fahrur Rozi membenarkan hal itu. Gus Fahrur yang juga sebagai Ketua Ikatan Gus-Gus Indonesia (IGGI) itu mengatakan, keputusan tersebut sebelumnya hasil usulan dari 41 pengurus cabang (PC) di Jatim yang meminta restu untuk mendukung dua tokoh tersebut.

“Jadi memang ini usulan dari mereka (41 pengurus cabang,red). Bukan serta merta dari kami,” ujar Gus Fahrur lewat sambungan telepon kepada Tugu Jatim pada Rabu (13/10/2021).

Pengasuh Pondok Pesantren An Nur Bululawang, Kabupaten Malang, ini juga menjelaskan, dari hasil usulan tersebut ditindaklanjuti sebagai bahan pembahasan dalam rapat pleno. Hasilnya, PWNU secara resmi mengamanatkan kepada Kiai Miftach dan Gus Yahya.

“Kami kan ta’dzim dan patuh pada perintah kiai. Jadi, keputusan ini kami serahkan sepenuhnya ke Rais Syuriyah PWNU Jawa Timur (KH Anwar Mansur,red). Dan beliau menghendaki dan mempertimbangkan Kiai Miftach dan Gus Yahya sebagai usulan dari PWNU Jatim,” tambahnya.

Isi surat keputusan PWNU Jatim. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Isi surat keputusan PWNU Jatim. (Foto: Dokumen)

Alasan yang paling kuat kenapa pilihan usulan jatuh kepada Gus Yahya, selain kapasitas ilmuan yang telah dimiliki oleh kakak dari Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas ini, juga telah bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Lirboyo dan banyak lagi yang lainnya.

“Yang paling siap dengan visi misinya ya Gus Yahya,” katanya.

  • Bagikan