Ramadhan dan Lebaran 2022, Warga Kediri Boleh Gelar Buka Bersama dan Mudik - Tugujatim.id

Ramadhan dan Lebaran 2022, Warga Kediri Boleh Gelar Buka Bersama dan Mudik

  • Bagikan
Kediri. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi suasana mudik Lebaran. (Foto: Pexels)

KEDIRI, Tugujatim.id – Ramadhan dan Lebaran 2022, Kota Kediri sudah berada pada PPKM Level 2. Karena itu, Pemkot Kediri memperbolehkan masyarakat menyelenggarakan buka bersama dan mudik Lebaran.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyatakan itu saat jumpa pers di salah satu kafe pada Jumat (01/04/2022). Pemkot Kediri mengizinkan masyarakat melaksanakan ibadah salat Tarawih, salat wajib, dan iktikaf di masjid maupun musala. Abu mengatakan, untuk kapasitas terbatas menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan 2022.

“Diperbolehkan dengan kapasitas 75 persen. Momen Lebaran, masyarakat juga diperbolehkan mudik dengan syarat sudah dua kali vaksin dan satu kali booster,” ujarnya.

Dia menambahkan, open house juga sudah boleh digelar masyarakat di hari Lebaran. Untuk pejabat, sementara belum diperbolehkan.

“Menurut SE Kemenag, tidak diperbolehkan untuk menggelar open house ASN dan pejabat,” ungkap Mas Abu, sapaan wali Kota Kediri.

Kediri. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (kanan). (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)

Selain itu, sejumlah fasilitas publik, seperti taman serta GOR Jayabaya juga sudah dibuka. Hal itu bisa dimanfaatkan sebagai sarana olahraga.

“Taman juga sudah dibuka. Bisa untuk tempat ngabuburit di taman, tapi tetap dengan protokol kesehatan ketat,” tambahnya.

Terpisah, Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi mengatakan, untuk keamanan dan ketertiban masyarakat dalam menjalani ibadah bulan puasa, pihaknya akan terus melakukan pengamanan di wilayahnya. Pengamanan tersebut seperti di tempat ibadah saat dilaksanakan kegiatan maupun pengaturan lalu lintas.

“Meski sudah normal, tapi kami akan tetap melakukan pengamanan supaya dalam menjalankan ibadah masyarakat dalam kondisi tertib dan aman,” ujarnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan