5 Rekomendasi Drama Korea dengan Balutan Latar Korea Utara

  • Bagikan
drama korea berlatar cerita korea utara, crash landing on you
Crash Landing On You. (Foto: Asian Wiki)

Korea Selatan sukses membawa pengaruh yang signifikan ke Indonesia. Ada banyak hal yang mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia. Salah satunya melalui drama Korea.  Tayangan ini sangat digandrungi oleh sebagian besar masyarakat. Maka tidak mengherankan, apabila televisi Indonesia mulai berlomba-lomba menayangkan drama Korea untuk menggaet penonton.

Drama Korea memiliki beragam genre, mulai dari fantasi, aksi, horor, komedi, hingga romantis. Bahkan ada beberapa drama Korea yang mengambil latar atau tema Korea Utara. Korea Selatan dan Korea Utara memang bertetangga, namun keduanya dikenal sebagai dua negara yang berbeda.

Baca Juga: 14 Juta Ton Sampah Plastik Mengendap di Dasar Lautan, Studi Membuktikan

Korea Selatan dikenal dengan industri Kpop dan dramanya yang populer, sedangkan Korea Utara cenderung dikenal sebagai negara yang lebih tertutup dan misterius. Kedua negara ini memiliki hubungan yang terlalu baik. Sebenarnya, kedua negara telah berperang sejak 25 Juni 1950 dan belum pernah ada perjanjian damai. Perang ini hanya berhenti pada 27 Juli 1953 saat keduanya menyatakan gencatan senjata.

Hubungan kurang baik antara Korea Utara dan Korea Selatan masih berlangsung hingga sekarang. Hal ini menimbulkan banyak larangan dan aturan pemerintah terhadap aktivitas warga. Salah satunya adalah larangan yang berkaitan dengan tayangan asal Korea Selatan. Dilansir dari CNN Indonesia, Pemerintah Korea Utara dilaporkan mengancam akan memberi hukuman berat bagi warganya yang menonton drama dan film dari Korea Selatan.

Seorang sumber mengaku kepada Radio Free Asia (RFA) bahwa pemerintah Korut mulai merencanakan hukuman berat ini karena geram melihat banyak warganya mengikuti gaya berbicara orang Korsel.. Warga Korea Utara juga mulai menulis dengan gaya bahasa yang meniru Korea Selatan. Meskipun demikian, perlu diketahui bersama bahwa ada banyak drama Korea yang mengangkat cerita tentang Korea Utara. Drama-drama inipun terbilang sukses di pasaran. Berikut adalah drama-drama tersebut.

  1. Crash Landing on You

Crash Landing on You atau biasa disingkat CLOY merupakan drama Korea yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Drama ini sukses besar secara internasional, bahkan menjadi tontonan favorit sejumlah selebriti tanah air. Drama populer yang dibintangi oleh Hyun Bin dan Seo Hye-ji ini mengisahkan tentang seorang pewaris konglomerat Korea Selatan.

Ia mengalami kecelakaan saat terbang menggunakan paralayang dan harus mendarat darurat di Korea Utara. Ia diselamatkan oleh seorang perwira Korea Utara. Berbagai kesulitan pun datang silih berganti mengingat hubungan Korea Utara dan Selatan yang kurang baik. Seiring berjalannya waktu, kedua insan manusia ini pun jatuh cinta.

  1. The King Two Heart

The King Two Heart merupakan drama Korea yang dibintangi oleh Lee Seung-gi dan Ha Ji-won. Drama ini menggunakan politik sebagai fokus utama untuk menggerakkan cerita, tetapi masih menunjukkan sisi romansa yang manusiawi. Drama ini mengisahkan tentang Jae Ha (pangeran Korea Selatan) yang bertemu dan menjalin kasih dengan Hang Ah (seorang putri jenderal Korea Utara).

Cerita itu bermula ketika raja Korea Selatan yang ingin membangun hubungan persahabatan dengan Korea Utara. Maka dari itu, ada sebuah rencana perjodohan antara Jae Ha dan Hang Ah. Pada mulanya, dua orang ini terlibat permusuhan, namun seiring berjalannya waktu keduanya pun saling jatuh cinta. Mereka menghadapi banyak masalah yang mengharuskan untuk memilih antara cinta atau kesetiaan.

  1. Doctor Strager

Doctor Strager merupakan drama Korea yang diperankan oleh deretan artis muda seperti Lee Jong-suk, Park Hae-jin, Jin Se-yun, dan Kang So-ra. Drama bergenre medis ini mengisahkan tentang seorang dokter handal yang tengah memperjuangkan cintanya. Dokter ini terpaksa ikut ayahnya ke Korea Utara untuk melaksanakan misi kesehatan. Ia pun jatuh cinta dengan gadis Korea Utara.

Saat beranjak dewasa, dokter ini kabur dan kembali ke Korea Selatan. Keputusan itu membuat dirinya dan sang kekasih putus kontak. Setelah bertahun-tahun, keduanya pun bertemu lagi. Dokter bernama Park Hoon ini telah menjadi dokter muda jenius dandal di sebuah rumah sakit terkenal. Park Hoon bertemu dengan sang kekasih dengan identitas yang berbeda. Kisah cinta mereka pun terbilang rumit karena masalah yang datang silih berganti.

  1. Spy Myung-wol

Spy Myung-wol merupakan drama Korea yang tayang pada tahun 2011. Drama ini memperoleh banyak perhatian dari banyak orang karena isi ceritanya yang segar dan tidak biasa. Drama ini berkisah tentang gelombang atau fenomena Hallyu yang ikut merebak di Korea Utara.

Kisah ini berawal ketika Myung-wol (seorang agen rahasia dari Korea Utara) diutus untuk membawa aktor terkenal dari Korea Selatan ke Korea Utara. Ia harus menikah dan menculik aktor yang bernama Gang-woo. Misi itu dilakukan untuk menghancurkan gelombang Hallyu. Myung-wol cukup kesulitan menyelesaikan misi tersebut. Bahkan, seiring berjalannya waktu keduanya pun saling jatuh cinta. Alur cerita cinta keduanya kian menegangkan ketika mereka harus berusaha saling melindungi.

  1. Iris

Iris merupakan salah satu drama Korea legendaris yang terinspirasi dari film Shiri (1999). Drama ini terbilang sukses. Maka tidak dari itu, Iris memiliki dua sekuel yaitu Iris II: New Generation (2013) dan Athena: Goddess of War (2010). Drama Iris bagaikan paket lengkap yang memadukan genre action dengan romance. Drama yang menyuguhkan banyak adegan seru ini  diperankan oleh r bintang papan atas seperti Lee byung Hun dan Kim Tae Hee.

Drama ini mengisahkan Kim Hyun Jun yang merupakan seorang tentara Korea Selatan. Ia direkrut oleh Choi Seung Hee untuk bekerja di National Security Service. Hyun Jun pun setuju kareana ia ingin membalaskan dendam sahabatnya sembari berusaha menghentikan IRIS (sebuah kelompok rahasia yang berusaha menghentikan bersatunya kembali Korea Selatan dan Korea Utara). Seiring berjalannya waktu, ia pun terlibat hubungan asmara yang rumit dengan Seung Hee. (Sindy Lianawati/gg)

  • Bagikan