Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Perpanjangan PPKM Level 4 - Tugujatim.id

Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Perpanjangan PPKM Level 4

  • Bagikan
Ilustrasi seseorang melakukan meditasi dan yoga. Salah satu kegiatan atau olahraga yang bisa dilakukan di masa perpanjangan PPKM Level 4. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi seseorang melakukan meditasi dan yoga. Salah satu kegiatan atau olahraga yang bisa dilakukan di masa perpanjangan PPKM Level 4. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memutuskan bahwa PPKM Level 4 akan tetap diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. Ini artinya masyarakat harus tetap menahan diri agar tidak keluar rumah demi menghindari kerumunan.

Salah satu yang bisa dilakukan saat di rumah adalah olahraga, pasalnya olahraga juga sangat penting untuk memperkuat imun tubuh agar terhindar dari virus-virus jahat.

Berikut 3 rekomendasi olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah saat PPKM Level 4.

1. Yoga

Yoga dapat membantu masyarakat yang ingin mulai melatih tubuh agar menjadi lebih fleksibel dan bugar. Namun, ada tahapan yang musti dilakukan jika ingin membuat pose-pose yoga, disarankan para pemula untuk melakukan gerakan dasar atau mencari pelatih yoga jika ingin melakukan gerakan lanjutan.

Olahraga yoga dapat membantu fleksibilitas dan kekuatan tubuh, menghindari tubuh dari resiko penyakit, memperbaiki postur tubuh hingga massa otot, melatih keseimbangan, dan menurunkan berat badan.

2. Push Up, Sit Up, dan Back Up

Push up, sit up, dan back up mungkin latihan yang sudah umum dikenal masyarakat Indonesia, olahraga ini sangat bagus karena dapat melatih 3 otot-otot tubuh.

Latihan ini tidak perlu dilakukan secara berlebihan di bagi pemula, dimulai dengan 5-10 kali, lalu istirahat dan ulangi lagi. Jika sudah rutin, bisa dinaikkan levelnya dengan mulai melakukan gerakan push up, sit up dan back up 25-50 kali.

3. Lompat Tali

Lompat tali atau skipping mungkin adalah salah satu olahraga yang menyenangkan karena mirip seperti permainan jaman dulu. Namun ternyata lompat tali tidak hanya bermanfaat untuk membakar kalori saja.

Manfaat-manfaat skipping diantara dapat melatih kaki agar tidak mudah cedera, selain itu olahraga ini juga dapat meningkatkan kepadatan tulang, menyehatkan jantung, meningkatkan koordinasi tubuh, hingga meningkatkan kecerdasan.

  • Bagikan