Rendy Laks Rilis Single "Abu", Representasi Rasa Kehilangan - Tugujatim.id

Rendy Laks Rilis Single “Abu”, Representasi Rasa Kehilangan

  • Bagikan
Rendy Laks didampingi Music Director Rachmat Dhani Yusuf (kiri) dan Sutradara Musik Video Febrian Sasano (kanan). (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Rendy Laks didampingi Music Director Rachmat Dhani Yusuf (kiri) dan Sutradara Musik Video Febrian Sasano (kanan). (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Kabar terbaru datang dari musisi kelahiran Bandung yaitu Alfonsus Rendy Laksditalia Nugroho atau yang lebih dikenal sebagai Rendy Laks karena baru saja merilis single lagu berjudul “Abu” pada Senin (15/11/2021). Bahkan, video klip single ini dikemas sangat keren. Single lagu kali ini tetap mengangkat ciri khas melodi, tema yang easy listening, dan lirik lagu yang tidak jauh dari persoalan kehidupan sehari-hari. Seperti apakah single lagu terbarunya kali ini?

Ya, dalam kehidupan ada pertemuan dan kehilangan. Dalam lagu ini, juga ada kebahagiaan dan kesedihan akan apa yang dicintai. Begitulah representasi lagu Abu yang mengisahkan dinamika perjalanan kehidupan ini.

Suasana press conference single lagu Abu karya Randy Laks dengan menggunakan protokol kesehatan ketat dan jumlah undangan yang terbatas. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Suasana press conference single lagu Abu karya Randy Laks dengan menggunakan protokol kesehatan ketat dan jumlah undangan yang terbatas. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang/Tugu Jatim)

“Saya ingin menulis lagu tentang sesuatu yang sudah hancur. Kekosongan yang mengantarkan kita pada kepahitan dan bentuk terkecil dari suatu kehancuran adalah abu,” ujar Rendy dalam press conference di Preston.co, Kota Malang, Senin (15/11/2021).

Rendy melanjutkan, Abu adalah bentuk representasi rasa kehilangan tersebut yang mustahil untuk dikembalikan wujudnya. Di sisi lain, Abu juga dapat dimaknai sebagai titik balik sebuah awal kebangkitan, mengantarkan seseorang kepada jalan hidup yang baru.

Menurut Rendy, single Abu ini sangat istimewa. Selain ditulis sendiri dan terinspirasi dari pengalaman pribadi, proses produksinya pun turut melibatkan musisi dan content creator Kota Malang. Bahkan, beberapa part adegan video klip juga diambil di Kampung Keramik Dinoyo.

Rendy Laks saat press conference rilis single lagu "Abu" di Preston.co, Kota Malang, Senin (15/11/2021). (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Rendy Laks saat press conference rilis single lagu “Abu” di Preston.co, Kota Malang, Senin (15/11/2021). (Foto: Feni Yusnia/Tugu Malang/Tugu Jatim)

“Saya belajar banyak dari musisi Malang dan ini merupakan karya kami bersama (anak Malang, red),” ujar Rendy yang juga alumnus spesialis kulit dan kelamin (Dermatology and Venereology) Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) tahun angkatan 2016 itu.

Dia mengatakan, single Abu itu nantinya juga terangkum dalam album Metafora yang siap dirilis pada 2022.

Untuk diketahui, Rendy saat ini berprofesi sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin di Siloam Hospitals Simatupang, Jakarta. Meski aktif mengabdi di dunia kesehatan, pria kelahiran 4 Februari 1986, ini memiliki cita-cita menjadi seorang penyanyi profesional. Terbukti, dia juga bergabung bersama Orbit Band sebagai vokalis dan mengisi berbagai acara entertainment di Kota Malang.

Rendy Laks saat bersama Orbit Band sebagai vokalis dan mengisi berbagai acara entertainment di Kota Malang.(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Rendy Laks saat bersama Orbit Band sebagai vokalis dan mengisi berbagai acara entertainment di Kota Malang.(Foto: Dokumen)

Sebelumnya, dia juga kerap mengikuti berbagai perlombaan maupun festival menyanyi dan berhasil memenangkannya. Rendy pun berkesempatan masuk babak penyisihan ajang The Voice yang ditayangkan salah satu televisi nasional pada 2012.

“Memang sudah cita-cita saya menjadi penyanyi profesional. Pengalaman bermusik bersama Orbit Band menggelitik saya untuk membuat dan menulis lagu yang sangat di luar ekspektasi, luar biasa, dan keren,” ujarnya. (ads)

  • Bagikan