Resep Kimchi Korea ala Rumahan yang Tahan Berbulan-bulan - Tugujatim.id

Resep Kimchi Korea ala Rumahan yang Tahan Berbulan-bulan

  • Bagikan
Kimchi, makanan khas Korea yang mulai digandrungi di Indonesia. (Foto: Pixabay)
Kimchi, makanan khas Korea yang mulai digandrungi di Indonesia. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Bagi kamu para penggemar K-Pop atau paham budaya Korea, pasti tahu dengan jenis olahan sayur bernama Kimchi ini. Makanan dari hasil teknik fermentasi sayuran sawi putih ini bahkan konon sudah dikenal di Korea sejak 4.000 tahun silam.

Kimchi seakan telah menjadi makanan wajib orang Korea karena warnanya yang merah dan membangkitkan nafsu makan. Terlebih di cuaca yang dingin. Seiring waktu, makanan ini populer dan digemari banyak penduduk berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Tak heran jika kemudian industri kuliner di Indonesia juga mulai bermunculan restoran-restoran khas Korea. Banyak juga kemudian Kimchi ini dijualbelkan di pasaran online. Mulai dari yang resep khas Korea, resep non-halal hingga resep yang halal.

Bahkan lagi, ternyata, jenis makanan pendamping ini juga bisa anda buat sendiri di rumah. Berikut resep cara membuat Kimchi khas Korea ala Mrs. Culinary.

Sebelum memulai ke cara memasak, siapkan dulu sejumlah bahan untuk membuat bumbu saus kimchi ini yang semua bahan bakunya juga bisa anda peroleh di gerai dan toko sekitar anda.

– 2-4 bonggol sawi putih
– 57 gr/ 1/2 bawang bombai
– 240 gr/ 1 medium buah pear / apple
– 50 gr/ 15 butir bawang putih
– 20 cm dry kelp/ rumput laut kering
– 5 buah jamur shitake kering
– 250 ml kecap ikan teri korea/ kecap ikan biasa
– 6 sdm madu, gochugaru (bubuk cabe korea kasar)
– 1 genggam daun bawang
– 2 lobak putih
– 2 sdm tepung terigu
– 3 sdm gula pasir

Selanjutnya, pertama-tama berikut cara mengolah sawi putih. Potong sebonggol sawi putih hingga menjadi 4 bagian. Lalu cuci sawi hingga bersih hingga di kerutan dalamnya.

Kemudian, rebus air sekitar 2 gelas atau 900 ml hingga setengah panas. Jangan lupa, bubuhkan garam sekitat 75 gram. Jika air sudah hangat, matikan ali dan aduk hingga air garam terlihat tidak keruh lagi. Tunggu hingga dingin.

Jika air sudah mendingin, rendam sawi putih anda pada air garam ini sebentar saja. Lalu masukkan sawi ke sebuah wadah. Sebelum itu, balurkan garam secara merata pada sawi, terutama di bagian batang sawinya. Jika sudah, tutup toples wadah dengan suhu ruangan selama 8-12 jam.

Jika sudah, maka anda akan menjumpai batang sawi ini lembek, namun tidak bisa dipatahkan. Step selanjutnya, cuci sawi anda hingga bersih dan keringkan.

Proses paling inti dari segala inti Kimchi adalah pada bumbu sausnya. Pertama-tama, masukkan air sebanyak 1 liter ke dalam panci. Masukkan juga kelp atau rumput laut dan jamur kering. Masak selama 15 menit.

Setelah 15 menit, ambil jamur dan kelp dan saring air kaldunya. Masukan lagi air kaldu ini ke dalam panci dan tambahkan 2 sendok makan tepung terigu dan aduk hingga mengental.

Berikutnya, potong-potong lobak dengan bentuk stik panjang, begitu juga daun bawang, buah pir atau apel. Setelah itu, blender hingga halus dan masukkan ke wadah panci berisi air kaldu yang sudah mengental tadi.

Jangan lupa, tambahkan bahan-bahan lain seperti 1 gelas atau 240 ml kecap ikan, 6 sdm madu, 1 sdm garam, 2 gelas / 480 gr bubuk cabe korea dan aduk hingga rata.

Terakhir, balurkan adonan ini pada sawi putih hingga merata di semua bagian sawi dan simpan dalam wadah. Jika ingin membuat dalam jumlah besar, simpan dulu di suhu ruangan selama 2 hari sampai kimchi ini terfermentasi dengan baik dan baru masukkan ke kulkas.

  • Bagikan