Resmi Dilantik, 984 PPS Se-Kabupaten Tuban Langsung Tancap Gas Kerja

PPS se-Kabupaten Tuban.
Anggota Komisioner KPU Tuban Zakiyatul Munawaroh dalam pelantikan PPS se-Kecamatan Singgahan, Selasa (24/01/2023). (Foto: dok. KPU Tuban)

TUBAN, Tugujatim.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban mengukuhkan 984 anggota panitia pemungutan suara (PPS) yang terpilih selama tahapan rekrutmen panyelenggara pemilu di tingkat desa maupun kelurahan pada Selasa (24/01/2023). PPS se-Kabupaten Tuban itu mengambil sumpah, janji, dan pakta intregitas yang digelar 20 kecamatan langsung dipimpin ketua maupun anggota KPU secara bergilir di masing-masing kecamatan.

“Jumlah PPS se-Kabupaten Tuban yang dilantik ada 984 orang. Jumlah ini dari 328 kelurahan/desa di Tuban,” kata Komisioner KPU Tuban Zakiyatul Munawaroh.

Setelah proses pengukuhan anggota PPS se-Kabupaten Tuban terpilih, mereka akan melakukan rapat pleno untuk menentukan ketua dan anggota. Tak hanya itu, kepanjangan tangan dari KPU ini segera melaksanakan tahapan yang akan berjalan. Salah satunya pembentukan panitia pendaftaran pemilih (pantarlih).

“Setelah pembentukan pantarlih dimulai 26 Januari 2023,” ucap komisioner yang membidangi Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM, KPU Tuban.

PPS se-Kabupaten Tuban.
Anggota Komisioner KPU Tuban Zakiyatul Munawaroh mengambil sumpah dan janji anggota PPS se-Kecamatan Singgahan, Selasa (24/01/2023). (Foto: dok. KPU Tuban)

Zakiyah, sapaan akrabnya, mengatakan, setidaknya kebutuhan dari pantarlih sekitar 3.917 orang. Jumlah ini disesuaikan dengan hasil pemetaan TPS yang telah dilakukan sebelumnya.

“Kebutuhan pantarlih sekitar 3.917. Sesuai jumlah TPS,” kata satu-satunya perempuan komisioner KPU Tuban ini.

Dia berpesan kepada anggota PPS yang telah resmi dilantik untuk segera beradaptasi dengan kerja-kerja penyelenggara pemilu. Sebab, dalam menyukseskan pesta demokrasi tidak ada hari libur. Semakin mendekati pemilihan, akan bertambah kesibukan yang akan dikerjakan.

“Selamat bekerja. Semoga apa yang menjadi ikhtiar kita untuk menyukseskan pemilu bisa berjalan lancar dan aman,” harapnya.