Ribuan Santri dari 43 Ponpes Selesai Divaksin, Capaian Vaksinasi Kota Batu Naik Jadi 40 Persen - Tugujatim.id

Ribuan Santri dari 43 Ponpes Selesai Divaksin, Capaian Vaksinasi Kota Batu Naik Jadi 40 Persen

  • Bagikan
Vaksinasi di Ponpes Anwaruttaufiq Jalan Metro Kelurahan Sisir, Kota Batu, Selasa (7/9/2021). (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Vaksinasi di Ponpes Anwaruttaufiq Jalan Metro Kelurahan Sisir, Kota Batu, Selasa (7/9/2021). (Foto: M Ulul Azmy/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Capaian vaksinasi di Kota Batu meningkat hampir 40 persen. Hingga hari ini, ribuan santri di 43 pondok pesantren di Kota Batu menggenapkan vaksinasinya. Informasi dihimpun, total sudah ada sekitar 1.000 santri telah tervaksin.

Hal ini dikatakan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko usai meninjau vaksinasi di Ponpes Anwaruttaufiq Jalan Metro Kelurahan Sisir Selasa (7/9/2021).

”Iya, kurang lebi sudah ada sekitar 1.000 santri di Kota Batu sudah divaksin,” terang wanita yang akrab disapa Bude tersebut.

Dengan begitu, capaian vaksinasi di Kota Wisata ini semakin meningkat di angka 40 persen dari target 70 persen populasi warga Kota Batu. Bude optimis laju penularan virus Covid-19 bisa segera berhenti.

Terlebih, jika melihat data keterisian ICU di rumah sakit juga sudah mulai menurun. Hanya sebanyak 7 bed dari total 15 bed. Penurunan serupa juga terjadi pada tingkat keterisian Bed Occupancy Rate (BOR) isolasi yang hanya sebanyak 23 bed dari total 136 bed.

”Keterisian shelter isolasi juga mulai melandai. Terakhir hanya 46 pasien dari 156 bed yang tersedia,” kata dia.

Optimisme serupa dikatakan Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo. Dari upaya Polres Batu menggelar serbuan vaksinasi selama ini, telah mendistribusikan hingga 17 ribu dosis vaksin.

Sejauh ini, selain di Pondok Pesantren, pihaknya telah mendistribusikan vaksin di sektor pariwisata, penyandang disabilitas dan masyarakat umum.

”Yang jelas kalau kami dapat dropping vaksin, sudah pasti akan langsung kita distribusikan. Semua demi percepatan vaksinasi hingga akhir tahun nanti,” kata Catur.

Sementara itu, Pengurus Ponpes Anwaruttaufiq Habib Jamal Bin Toha Ba’agil membenarkan, bahwa distribusi vaksin telah menyasar seluruh ponpes di 5 cabang. Meski tidak semua santri bisa divaksin karena faktor umur.

Habib Jamal sendiri turut mendukung upaya percepatan vaksinasi di Kota Batu agar kekebalan massal segera terbentuk dan aktivitas bisa ke,bali berjalan normal.

”Motto kami adalah lebih baik mencegah daripada mengobati. Kami sangat mendukung upaya vaksinasi ini, termasuk di Ponpes kami. Selebihnya, semoga sisa santri kami juga bisa segera divaksin,” ucapnya.

  • Bagikan