Peringati HUT Ke-75 Bhayangkara, Pegiat Koordinator Pengaduan Layanan Publik Beri Kejutan Kapolresta Malang Kota

  • Bagikan
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto SIK MSi memberikan potongan tumpeng kepada Pegiat Koordinator Pengaduan Layanan Publik Malang Kota Sudarno. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim) 
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto SIK MSi memberikan potongan tumpeng kepada Pegiat Koordinator Pengaduan Layanan Publik Malang Kota Sudarno. (Foto: Dokumen) 

MALANG, Tugujatim.id – Memperingati HUT Bhayangkara ke-75 pada 1 Juli 2021, Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto SIK MSi diberikan kejutan oleh Koordinator Pengaduan Layanan Publik Sudarno pada Jumat siang (02/07/2021). Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto SIK MSi pun mengapresianya.

Buher, sapaan akrab Kapolresta Malang Kota, mengatakan, dia membuka diri kepada masyarakat dalam memberikan kritik saran yang konstruktif untuk perbaikan dan peningkatan kinerja institusi kepolisian.

“Dalam hal ini yaitu Polresta Malang Kota. Tentunya semua tidak bisa dilepaskan dengan adanya sinergi bersama,” ujar Buher.

Dia juga mengatakan, praktik-praktik baik (best practice) dalam layanan publik yang telah ada, tidak akan dihilangkan. Justru, dia mengatakan, semua akan terus-menerus dikembangkan sehingga mampu memberikan layanan publik yang lebih prima. Dengan begitu, Buher melanjutkan, kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat dan tentunya derajat kebahagiaan mereka juga akan semakin lebih baik.

Selain itu, Buher juga menekankan pada praktik-praktik Community Oriented Policing (COP) yang telah dikembangkan di berbagai kota saat menjabat sebagai pimpinan di berbagai kota/kabupaten juga akan diadopsi dengan memperhatikan kearifan lokal, terutama di Kota Malang. Bahkan, pengembangan perekonomian lokal dalam era pandemi Covid-19 sesuai komitmen Kapolri, juga sedang diinisiasi oleh Kapolresta Malang Kota. Tentunya, semua itu bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

“Misalkan saja bagaimana pelaku UMKM mendapatkan penguatan kapasitas dalam meningkatkan usahanya, baik dalam hal pemasaran, quality product, maupun packing-nya. Pastinya semua disertai dengan mengadopsi IT atau digitalisasi yang baik,” ujarnya.

Selain itu, untuk bidang sosial kemasyarakatan, Buher membuka peluang seluas-luasnya penyandang difabel untuk lebih mengembangkan kreativitasnya.

“Misalkan kami mengomunikasikan kepada perajin atau pembuat kaki palsu bagi masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, juga memfasilitasi akses layanan dari Polresta Malang Kota terkait bagaimana memperoleh SIM, ujarnya.

Karena itu, Polresta Malang Kota akan mendorong tercapainya peningkatan kualitas hidup (public safety) antar individu dan atau antar kelompok yang tujuannya adalah menjamin kepentingan warga masyarakat secara keseluruhan, termasuk para penyandang difabel di Kota Malang.

Sementara itu, pegiat Koordinator Pelayanan Publik Kota Malang Sudarno yang disambut baik Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto SIK MSi, mengatakan, mengucapkan Hari Bhayangkara ke-75. Sudarno mengatakan, penerimaan yang baik oleh Kapolresta sebagai entry point penting dalam proses-proses kemitraan antar stakeholder hingga komunitas pun mewujudkan relasi yang harmonis

“Harapannya nanti kami dari grup Pengaduan Layanan Publik bisa bersinergi dengan Kapolresta Malang Kota untuk membuka ruang dialog yang intensif dan mengatasi problem solving. Tujuannya semata-mata penyambung lidah masyarakat untuk memecahkan persoalan yang terjadi di masyarakat Kota Malang,” ujar Sudarno. (*)

 

 

  • Bagikan