Rugi Ratusan Juta Rupiah, 3 Rumah di Bojonegoro Ludes Terbakar Akibat Korsleting Listrik - Tugujatim.id

Rugi Ratusan Juta Rupiah, 3 Rumah di Bojonegoro Ludes Terbakar Akibat Korsleting Listrik

  • Bagikan
Pemadam Kebakaran Pos Ngambon sedang memadamkan api yang melalap tiga rumah milik warga Desa Sendang Harjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, pada Senin sore (17/08/2021). (Foto: Dok Damkar Bojonegoro/Tugu Jatim)
Pemadam Kebakaran Pos Ngambon sedang memadamkan api yang melalap tiga rumah milik warga Desa Sendang Harjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, pada Senin sore (17/08/2021). (Foto: Dok Damkar Bojonegoro)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Tiga rumah milik warga Desa Sendang Harjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, hangus terbakar dilalap si jago merah pada Senin sore (17/08/2021). Kepala Bidang Pemadam dan Penyelamatan, Dinas Kabupaten Bojonegoro Ahmad Adi Winarto menyebut, kebakaran ini menimpa 3 rumah milik Muntiono, 45; Pardi, 60; dan Gayis, 45.

Dia melanjutkan, rumah milik Muntiono yang hangus berukuran 13×9,5 meter. Selain itu, barang berharganya yang terbakar, yaitu 1 sepeda motor; 1,5 ton gabah; 1 mesin diesel; alat elektronik; dan perhiasan.

Rumah di Kabupaten Bojonegoro yang dilalap api karena korsleting listrik pada Senin sore (17/08/2021). (Foto: Dok Damkar Bojonegoro/Tugu Jatim)
Rumah di Kabupaten Bojonegoro yang dilalap api karena korsleting listrik pada Senin sore (17/08/2021). (Foto: Dok Damkar Bojonegoro)

Sedangkan rumah milik Pardi, 60, rumahnya berukuran 6,7×15 meter hangus akibat kebakaran. Selain rumah, 1 ton gabah, lemari, dan barang-barang elektronik lainnya ikut dilalap si jago merah. Untuk korban ketiga, yaitu rumah Gayis, 45, yang berukuran 5×15 meter ikut terbakar sebesar 10%. Rumah ketiga warga Bojonegoro itu mengalami kebakaran akibat korsleting listrik.

Adi menyebut, kebakaran terjadi sekitar 15.30 WIB. Dia mengatakan, Dinas Pemadam Kebakaran Pos Ngambon mendapatkan laporan pukul 15.54 WIB dan sampai di lokasi untuk melakukan pemadaman pada pukul 16.20 WIB.

“Kami terkendala adanya proyek pengecoran jalan untuk sampai di lokasi,” katanya.

Dengan mengerahkan 8 unit armada dan 2 unit armada dari BPBD (2 unit pos kota, 1 unit Pos Ngambon, 2 unit pos Padangan, 2 unit Pos Temayang, fire comando, 2 unit BPBD) beserta 30 personel, pihaknya dapat memadamkan api pada pukul 17.30 WIB.

Asap terlihat masih mengepul saat petugas damkar memadamkan api di 3 rumah di Kabupaten Bojonegoro yang mengalami kebakaran pada Senin sore (17/08/2021). (Foto: Dok Damkar Bojonegoro/Tugu Jatim)
Asap terlihat masih mengepul saat petugas damkar memadamkan api di 3 rumah di Kabupaten Bojonegoro yang mengalami kebakaran pada Senin sore (17/08/2021). (Foto: Dok Damkar Bojonegoro)

Adi melanjutkan, tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut, tapi kerugiannya ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

“Total kerugiannya kurang lebih Rp 625.000.000,” sambung Adi.

Terakhir, pemadam kebakaran juga tak lupa memberikan sosialisasi kepada korban dan warga setempat terkait bagaimana cara mencegah kebakaran, penanganan awal kebakaran, serta sosialisasi terkait tupoksi dinas damkar.

“Dalam kejadian ini, kami juga dibantu BPBD Bojonegoro, Koramil Ngasem, Polsek Ngasem, satpol PP, perangkat desa, dan warga setempat dalam memadamkan api,” ujarnya.

 

  • Bagikan