Safari Ramadhan Dr Aqua Dwipayana di Kota Makassar dan Parepare

Safari Ramadhan Dr Aqua Dwipayana di Kota Makassar dan Parepare

  • Bagikan
Pamflet acara Sharing Komunikasi dan Motivasi, Dr Aqua Dwipayana. (Foto: Dokumen)

MAKASSAR, Tugujatim.id – Kota Makassar dan Parepare di Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menjadi dua lokasi Safari Ramadhan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana pada awal Ramadhan 1443 H kali ini. Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut kembali menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi sebanyak 17 sesi dalam aktivitasnya di provinsi itu sepanjang Senin sampai Jumat (4-8/4/2022).

Tidak tanggung-tanggung, di hari pertama berada di Kota Makassar, Senin (4/4/2022) Dr Aqua langsung melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi sebanyak empat sesi. Mulai dari pagi sampai menjelang waktu buka puasa.

Mengawali Ramadhan 1443 H, Dr Aqua tetap aktif dan produktif bersilaturahim ke pelosok negeri serta memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Bahkan jadwalnya makin padat.

Dr Aqua yang hanya beberapa hari beristirahat dengan berlibur bersama keluarga di Bali dan menjalani awal Ramadhan di kediamannya di Kota Bogor, Jawa Barat (Jabar), kembali akan menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan prajurit dan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kodam XIV/Hasanuddin. Termasuk mereka yang bekerja di Rumah Sakit Pelamonia Makassar dan guru serta pegawai di sekolah Kartika milik Kodam XIV/Hasanuddin.

Poster Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr Aqua Dwipayana di Balai Prajurit Jenderal M Yusuf Makassar. (Foto: Dokumen)

Sejak pertengahan Maret 2022, pria santun dan banyak berkiprah dalam aktivitas sosial tersebut secara maraton menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi sebanyak 32 sesi di  jajaran Kodam XIV/Hasanuddin dan Polda Sulsel. Berkeliling dari satu kabupaten ke kabupaten hingga yang terjauh yakni Kabupaten Luwu Timur yang berbatasan dengan Priovinsi Sulawesi Tengah. Butuh waktu sekitar 12 jam dari Makassar ke pusat kota di kabupaten tersebut dengan naik mobil.

Sharing Komunikasi dan Motivasinya bertajuk “Meningkatkan Sinergitas TNI-Polri di Sulawesi Selatan untuk Memberikan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat”. Tujuannya untuk memperkuat kolaborasi kedua institusi besar yang menjadi garda terdepan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Di daerah tingkat II baik di kabupaten maupun kota, pelaksanaan Sharing Komunikasi dan Motivasi umumnya dilaksanakan di Polres. Pesertanya selain anggota Polres, juga para prajurit yang bertugas di Kodim.

Sebelumnya, dua jenderal bintang dua yang merupakan teman seangkatan yakni Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana memberikan amanah langsung kepada Dr Aqua untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajarannya. Keduanya sepakat bahwa kemampuan komunikasi seluruh jajarannya perlu ditingkatkan.

Selain itu juga membutuhkan motivasi agar selalu semangat melaksanakan semua tugas mulia melayani masyarakat. Begitu pentingnya kegiatan tersebut sehingga mereka meminta Dr Aqua untuk segera melaksanakan kegiatan sharing komunikasi dan motivasi.

“Ini merupakan amanat dari kedua sahabat saya yaitu Pak Andi dan Pak Nana, yang harus saya jalankan dengan baik. Komunikasi merupakan aspek penting dalam kehidupan karena berguna dalam setiap dimensinya. Siapapun memerlukan keterampilan berkomunikasi yang baik, termasuk jajaran TNI dan Polri,” ungkap Dr Aqua.

Poster Sharing Komunikasi dan Motivasi Dr aqua Dwipayana di Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat. (Foto: Dokumen)

Awal Ramadhan ini, penulis buku “super best seller” yang berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” ini kembali mendapat amanah dari Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad untuk melanjutkan Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran internal Kodam XIV/Hasanuddin.

Beberapa lokasi yang menjadi tempat dilakukannya Sharing Komunikasi dan Motivasi oleh penulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim itu adalah Rumah Sakit Tingkat II Pelamonia, para guru dan pegawai tata usaha di sekolah Kartika, Kodim 1408/Makassar, Pomdam XIV/Hasanuddin, Batalyon Infanteri Raider 700/Wira Yudha Cakti, Batalyon Kavaleri 10/Mendagiri, Paldam XIV/Hasanuddin, Kodim 1409/Gowa, Zidam XIV/Hasanuddin dan Topdam XIV/Hasanuddin, Batalyon Zeni Tempur 8/Sakti Mandraguna, Brigade Infanteri 11/Badik Sakti.

Menyerap Ilmu dan Pengalaman

Di tengah jadwal padat menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan Kodam XIV/Hasanuddin, di Kota Makassar Dr Aqua dijdwalkan juga menyampaikan hal serupa kepada para insan media di kota tersebut.

Poster Sharing Komunikasi dan Motivasi di Balai Prajurit Jenderal M Yusuf Makassar. (Foto: Dokumen)

Pemimpin Redaksi PedomanRakyat.co.id Muhammad Arafah, menjelaskan, pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara (Sumut), 23 Januari 1970 itu akan berbicara dengan topik “Mengoptimalkan Kinerja Media dengan Memperbanyak Jaringan dan Merawatnya” di Kafe Baca, Senin sore (4/4/2022).

Acara tersebut selain dapat diikuti kru PedomanRakyat.co.id, juga terbuka bagi kalangan wartawan media lain termasuk mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi. Mereka dapat juga mengikuti secara daring melalui zoom yang dapat diakses melalui PedomanRakyat.co.id.

Wartawan senior yang kini menjadi Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulsel Laode Arumahi, rencananya memandu acara Sharing Komunikasi dan Motivasi tersebut. Kandidat doktor Hukum di Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia Makassar itu merupakan sahabat lama Dr Aqua.

Pamflet Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kafe Baca Makassar. (Foto: Dokumen)

Bagi jajaran PedomanRakyat.co.id, kehadiran Dr Aqua untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan mereka merupakan berkah. Sebelumnya beberapa tahun lalu saat masih berwujud media cetak, mantan wartawan di banyak media besar itu pernah melakukan hal yang sama.

“Terima kasih kepada Pak Aqua karena di tengah jadwalnya yang padat untuk Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran Kodam XIV/Hasanuddin dan Polda Sulsel, berkenan meluangkan waktu untuk diskusi dengan kami. Kehadirannya insya Allah kami optimalkan terutama menyerap ilmu dan pengalaman yang sangat banyak,” ujar Arafah. (*)


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan