Saffron, Bunga Termahal yang Dipercaya Mengatasi PMS dan Diabetes - Tugujatim.id

Saffron, Bunga Termahal yang Dipercaya Mengatasi PMS dan Diabetes

  • Bagikan
Bunga Saffron yang memiliki sejuta manfaat bagi tubuh manusia/Pexels
Bunga Saffron yang memiliki sejuta manfaat bagi tubuh manusia/Pexels

Tugujatim.id – Saffron atau bunga kuma-kuma adalah salah satu jenis rempah yang biasanya digunakan untuk bumbu masakan atau pewarna alami makanan. Selain itu, saffron juga memiliki sejuta manfaat bagi tubuh manusia lho!

Saffron adalah jenis bunga Crocus sativus yang banyak tumbuh di kawasan Timur Tengah. Bunga ini dikeringkan, kemudian dijual. Dan ini adalah salah satu bunga termahal di dunia lho, gaes. Sebab, proses memanennya masih menggunakan cara manual, yaitu dipetik satu per satu menggunakan tangan.

Namun, hal tersebut tak menyurutkan pembeli, justru bunga ini menjadi primadona di kalangan masyarakat seluruh dunia karena manfaat yang diberikan. Sebab, saffron berperan sebagai antioksidan dari serangan radikal bebas dalam tubuh yang mengakibatkan banyak penyakit.

Karena masih banyak lagi manfaat dari saffron yang belum Anda ketahui, Tugu Jatim telah merangkumnya, simak ya…

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan antioksidan di dalamnya bisa mencegah pertumbuhan sel kanker pada usus, tulang, paru-paru, payudara, serviks, atau bagian tubuh yang lain. Tak hanya itu, saffron juga bisa meningkatkan sensitivitas sel kanker terhadap kemoterapi sehingga pengobatan kanker bisa berjalan lebih efektif.

Mengatasi PMS

Perempuan berusia 20-45 tahun yang mengonsumsi 30 mg saffron setiap hari akan mengalami penurunan gejala PMS, seperti nyeri pada perut.

Memperbaiki Mood

Mengonsumsi beberapa gram saffron dipercaya dapat memperbaiki mood seseorang yang mengalami depresi tingkat sedang maupun rendah. Karena itu, banyak orang yang menjualnya dalam bentuk kapsul agar mudah dikonsumsi.

Baik untuk Penderita Diabetes

Mengonsumsi saffron menjadi salah satu alternatif untuk menurunkan gula darah di dalam tubuh. Selain itu, sensivitas insulin juga akan meningkat sehingga gula darah di dalam tubuh bisa terjaga.

Mencegah Gangguan Fungsi Otak

Seiring pertambahan usia, kemampuan fungsi otak manusia akan menurun. Dan mengonsumsi bunga saffron dipercaya bisa mencegah hal tersebut.

Semua manfaat itu bisa Anda peroleh karena antioksidan pada saffron mampu mempertahankan dan meningkatkan kognitif orang dewasa. Hal ini berkaitan dengan pencegahan penyakit alzheimer yang banyak menyerang orang lanjut usia (lansia). (Mila Arinda/ln)

  • Bagikan