Sama-Sama Jenis Udang, Apa Bedanya Prawns dan Shrimp?

  • Bagikan
Ilustrasi Prawns food photograph. (Foto: Pinterest/Tugu Jatim)
Ilustrasi Prawns food photograph. (Foto: Pinterest)

MALANG, Tugujatim.id – Masih banyak orang yang bingung bagaimana cara membedakan jenis udang prawns dan shrimp, bahkan barangkali Anda bertanya-tanya apakah prawn dan shrimp adalah jenis yang sama tapi memiliki sebutan yang berbeda? Tugu Jatim pun akan memaparkan perbedaannya. Simak ya…

Dilansir dari healthline.com, baik prawns maupun shrimp ditangkap, dibudidayakan, dijual, dan disajikan di seluruh dunia. Namun, di mana Anda tinggal kemungkinan menentukan istilah apa yang digunakan atau yang sering Anda jumpai.

Di Inggris, Australia, Selandia Baru, dan Irlandia, “prawns” adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan prawns dan shrimp secara umum. Di Amerika Utara, istilah “shrimp” lebih sering digunakan, sedangkan kata “prawns” paling sering digunakan untuk menggambarkan spesies yang lebih besar atau yang ditangkap dari air tawar.

Namun, “shrimp” dan “prawns” tidak digunakan dalam konteks yang sama secara konsisten sehingga sulit untuk mengetahui jenis mana yang benar-benar Anda beli.

Baik prawns maupun shrimp ditemukan di perairan dari seluruh dunia. Tergantung pada spesiesnya, shrimp dapat ditemukan di air hangat dan dingin, dari daerah tropis hingga kutub, dan di air tawar atau air asin.

Namun, menurut PubMed Central, hanya sekitar 23% shrimp yang merupakan spesies air tawar. Sebagian besar shrimp dapat ditemukan di dekat dasar air yang mereka huni. Beberapa spesies dapat ditemukan beristirahat di daun tanaman air, sementara yang lain menggunakan kaki dan cakarnya yang kecil untuk hinggap di dasar laut.

Prawns juga dapat ditemukan di air tawar dan air asin, berbeda dengan shrimp, sebagian besar varietas prawns ditemukan di air tawar. Sebagian besar jenis prawns lebih menyukai air yang lebih hangat. Namun, berbagai spesies juga dapat ditemukan di perairan yang lebih dingin di belahan bumi utara. Prawns juga sering berada di perairan yang tenang di mana mereka dapat hinggap di tanaman atau batu dan bertelur dengan nyaman.

Prawns biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dari shrimp. Namun, ada pengecualian untuk aturan tersebut seperti ada varietas shrimp besar dan ada varietas prawns kecil. Karena itu, sulit untuk membedakan keduanya berdasarkan ukuran saja.

Meski begitu, kandungan nutrisi prawns dan shrimp sangat mirip. Masing-masing merupakan sumber protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral yang baik.

Jadi, meski sedikit berbeda, keduanya merupakan jenis makanan yang bergizi untuk diet dan mungkin tidak akan kesulitan mengganti yang satu dengan yang lain dalam resep makanan Anda.

  • Bagikan