News  

Sambut Turnamen Bulu Tangkis Internasional, Sutiaji Bangkitkan Perdamaian lewat Sportivitas

Turnamen bulu tangkis internasional. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Jatim)
Wali Kota Malang (tiga dari kiri) saat konferensi pers Mansion Sports Malang Indonesia International Challenge 2022 di Hotel Harris Kota Malang, Senin (10/10/2022). (Foto: Feni Yusnia/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Mansion Sports Malang Indonesia International Challenge 2022 disambut dengan luar biasa oleh Wali Kota Malang Sutiaji. Turnamen bulu tangkis internasional ini bakal digelar pada 11-16 Oktober 2022 di GOR Platinum Araya, Kota Malang.

“Saya menyambut positif digelarnya turnamen Mansion Sports Malang Indonesia International Challenge 2022 di Kota Malang. Turnamen bulu tangkis internasional ini semoga menggelorakan kembali semangat masyarakat Malang,” ujarnya pada Senin (10/10/2022) dalam konferensi pers di Hotel Harris & Convention Malang.

Sutiaji mengatakan, pihaknya terus berbenah guna memfasilitasi berbagai event olahraga di Kota Malang, termasuk bulu tangkis. Harapannya, output ini akan memberikan efek domino pada perekonomian masyarakat.

“Kota Malang ini kotanya sangat seksi. Sebab, kami mendesain agar event olahraga itu tidak dilihat dari olahraganya saja, tapi juga industrinya,” jelasnya.

Dia melanjutkan, di antaranya mampu membangkitkan sektor UMKM, kuliner, sekaligus membangkitkan perdamaian melalui jiwa sportifivitas.

“Terpenting, pada 2022 ini keterpurukan yang terjadi di 1 Oktober 2022, maka tunjukkan Malang cinta damai,” tegasnya.

Turnamen bulu tangkis internasional. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Jatim)
Sinergi Pemerintah Kota Malang, PBSI, dan Mansion Sport Indonesia Internasional Challenge 2022. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Jatim)

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Armand Darmadji menjelaskan, turnamen ini akan menampilkan beberapa pemain dengan kualitas yang mumpuni. Total, ada 238 peserta dari 13 negara yang akan terlibat. Event ini juga menawarkan hadiah total hingga 15 ribu dollar Amerika Serikat.

“Persaingan dalam turnamen ini akan sangat ketat dan panas. Belum lagi hadirnya pemain-pemain dengan kualitas mumpuni,” terangnya.

Mulai dari Weng Hong Yang (China), Goh Jin Wei (Malaysia), Sim Yu Jin (Korea), pemain ganda senior Korea Son Wan Ho, hingga duo ganda putra dari negeri Tirai Bambu yakni He Ji Ting/Zhou Hao Dong dan Ren Xiang Yu/Tan Qiang.

Sedangkan dari Indonesia, selain Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay cs, juga akan ada Putri Kusuma Wardani, Pramudya Kusumawardana yang berpasangan dengan Rahmat Hidayat, Ribka Sugiarto yang akan berpasangan dengan Lanny Tria Mayasari.

“Belum lagi ada Nita Violina Marwah yang menggandeng partner baru di dua sektor. Tryola Nadia di ganda putri dan Adnan Maulana di ganda campuran,” urainya.

Sedangkan Ketua Umum Pengprov Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) Jatim Tony Wahyudi menyampaikan terima kasih karena telah memercayakan Kota Malang sebagai tuan rumah turnamen bulu tangkis internasional.

“Semoga turnamen ini menjadi titik awal bangkitnya bulu tangkis Jawa Timur yang selama ini dikenal bisa melahirkan pebulu tangkis andalan merah putih,” ujarnya.

Untuk diketahui, Kota Malang, Jawa Timur, menjadi tuan rumah Mansion Sports Malang Indonesia International Challenge 2022 yang dua pekan lalu diselenggarakan di Yogyakarta. Kini Kota Malang menjadi tuan rumahnya. (adv)