Sebulan Capai 200 Juta Dolar, 5 Fakta Film Superhero Marvel ‘Shang-Chi’

Sebulan Capai 200 Juta Dolar, 5 Fakta Film Superhero Marvel ‘Shang-Chi’

  • Bagikan
Shang-Chi (Simu Liu) dalam adegannya di film ‘Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings’/tugu jatim
Shang-Chi (Simu Liu) dalam adegannya di film ‘Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings’. (Foto: Marvel Studios/marvel.com)

Tugujatim.idShang-Chi and the Legend of the Ten Rings besutan Marvel saat ini menduduki film urutan pertama Box Office Amerika Serikat. Setelah berhasil menduduki puncak tangga lagu akhir pekan keempat berturut-turut, film ini menjadi rilis domestik terlaris tahun 2021.

Melansir CNBC.com, secara domestik Amerika Serikat film ini telah menghasilan USD 200 juta sebulan, sementara secara global Shang-Chi telah menghasilkan USD 363,4 juta, tangkapan tertinggi keempat tahun 2021. Sejak debutnya pada 3 September 2021, film ini telah melampaui penjualan tiket Fast & Furious 9 dan mengumpulkan sebanyak USD 196,5 juta.

Sejauh ini film Shang-Chi belum dirilis di China karena belum mendapatkan izin dari negaranya. Terlepas dari hal itu, film pertama Disney yang didominasi pemain Asia ini memiliki beberapa fakta menarik sebagai berikut.

1. Proses Produksinya Panjang

Marvel membutuhkan waktu selama hampir dua dekade untuk membuat Shang-Chi menjadi sebuah film. Dikutip dari Screen Rant, produser Marvel Studios Kevin Feige mengatakan bahwa selama lima tahun terakhir, Marvel telah bekerja untuk menghidupkan film ini.

Proses produksinya pun sempat mengalami penundaan karena wabah virus Covid-19. Beberapa kru dan pemainnya juga sempat melakukan isolasi dan tes Covid-19 agar terhindar dari virus.

2. Film Terlaris Sepanjang Pandemi

Shang-Chi dinobatkan sebagai film terlaris sepanjang pandemi di Amerika Serikat setelah berhasil meraup keuntungan sebesar USD 183,4 juta atau setara dengan Rp 2,6 triliun. Film yang dibintangi Simu Liu ini juga berpeluang menjadi film pertama box office yang menyentuh angka USD 200 juta di era pandemi.

3. Kalahkan Rekor Black Widow dan F9

Dilansir dari Forbes, per 1 Oktober kemarin Shang-Chi memecahkan rekor berada di posisi pertama pasar box office domestik dengan pendapatan USD 206 juta yang disusul oleh Black Widow di posisi kedua dengan pendapatan USD 183 juta dan Fast & Furious 9 dengan pendapatan USD 173 juta di urutan ketiga.

Sebelumnya, Shang-Chi meraih pendapatan USD 13,2 juta dalam satu pekan kemarin.

4. Akan Tayang di Disney Plus Hotstar

Disney mengumumkan film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings akan tayang streaming tanpa biaya bagi pelanggan Disney Plus pada 12 November 2021 mendatang. Hal itu diketahui untuk Disney Plus Day sebagai perayaan dua tahun peluncuran layanan tersebut.

Meskipun sebelumnya Shang-Chi hanya akan tayang di Disney Plus dengan harga premium, tetapi akhirnya Disney memilih untuk merilis Shang-Chi di bioskop dan juga akan menayangkan pada streaming Disney Plus Hotstar secara gratis.

5. Marvel Isyaratkan Sekuel ‘Shang-Chi’

Pihak produksi film Shang-Chi mengisyaratkan bahwa sudah ada perencanaan pembuatan sekuel tayangan tersebut.

Sutradara film Shang-Chi Destin Daniel Cretton mengatakan ada banyak pilihan cerita yang masih terbuka untuk ‘Shang-Chi 2’ nantinya. Ia mengakui adanya sejumlah adegan yang sengaja disimpan dan tidak tampil dalam film.

“Saya pikir, pada akhir film ini ada beberapa hal yang cukup jelas menunjuk ke arah yang ingin kita ambil sebagai karakter. Bukan hanya Shang-Chi, tetapi juga semua karakter ini dapat mulai berinteraksi dengan anggota MCU lainnya. Kami semua sangat senang dengan kesempatan besar ini,” ujarnya mengutip dari Screen Rant.

Shang-Chi perdana tayang pada 3 September 2021 di seluruh bioskop Amerika dan telah tayang di Indonesia pada 22 September 2021.

  • Bagikan