Selama 10 Hari, Planet Mars Bakal Bersinar Paling Terang Sejak Tahun 2003

  • Bagikan
Planet Mars terselubung air jika dibayangkan miliaran ribu tahun silam. (Foto: Wikipedia)
Planet Mars terselubung air jika dibayangkan miliaran ribu tahun silam. (Foto: Wikipedia)

Planet Mars bakal menunjukkan sinar paling terangnya sejak tahun 2003 silam. Bahkan hal tersebut sudah tampak dalam beberapa malam terakhir ini dan bakal berlangsung selama 10 hari. Yakni mulai Sabtu (3/10/2020) lalu hingga 13 Oktober mendatang.

Hal yang tak terjadi sejak hampir 2 dekade silam tersebut bakal menunjukkan permukaan Mars dengan sangat jelas. Hal tersebut diungkapkan oleh ahli astronomi dan juga profesor asal Universitas York, Inggris, Elaina Hyde.

“Itu akan tampak paling benderang di langit. Dan melalui teleskop, kita akan dapat melihat berbagai macam keistimewaannya (Mars, red),” terang Hyde dilansir dari CBC.

Baca Juga: Mengulik Fenomena Pencurian Kain Kafan yang Konon untuk Pesugihan

Ia menerangkan mengapa Mars bisa terlihat paling terang karena Oposisi Planet Mars. Yang mana ketika penjajaran tata surya di mana Bumi terletak persis di antara matahari dan Mars.

Oposisi Planet Mars ini sebenarnya terjadi selama 2 tahun sekali, hanya saja tahun ini berbeda dan istimewa. Sebab, planet merah tersebut kali ini bakal berada di titik terdekat dengan Bumi.

“Ini merupakan hal yang begitu baik untuk melakukan observasi. Lebih baik pula jika dilakukan dengan teleskop. Seperti teleskop berukuran satu meter di kampus, dan tentu saja melihatnya pada malam hari dengan mata telanjang juga menjadi hal menyenangkan,” beber Hyde.

Ia menjelaskan bahwa posisi tercerah bakal terjadi pada 13 Oktober mendatang di mana detil dan permukaan Mars akan terlihat. Seperti kutub selatan, bekas gunung berapi, semuanya akan tampak. Meski demikian, ia menyatakan bahwa hal tersebut sebenarnya sudah terlihat sejak Sabtu (3/10) lalu hingga puncaknya pada 13 Oktober mendatang.

Fenomena Planet Mars Ini Bisa Dilihat Secara Streaming secara Daring

Bagi Anda yang tinggal di kota dengan polusi cahaya yang banyak atau kondisi cuaca yang tak mendukung tak perlu khawatir. Sebab, fenomena itu juga bisa disaksikan secara online.

Dilansir CBC, Allan I Carswell Observatory sebenarnya membukakan pintu bagi masyarakat umum. Hanya saja, karena pandemi, masyarakat juga bisa menyaksikannya secara daring atau online melalui channel YouTube Observatory Universitas York di YorkUObersvatory.

Tayangan langsung streaming itu bakal berlangsung pada 4 Oktober, 7 Oktober, serta 12 Oktober hingga 16 Oktober. Yang mana dimulai pukul 07.00 WIB hingga 09.00 WIB selama cuaca di lokasi obervatorium itu cerah.

Atau anda juga bisa mengikuti secara daring di laman ini.

Hyde menjelaskan bahwa hal ini merupakan suatu yang luar biasa.

“Hal yang menyenangkan tentunya terkait rotasi Mars. Itu memiliki hari seperti di Bumi dan karena sudut yang berbeda di hari yang berbeda, maka waktu yang akan kita tangkap akan berbeda,” pungkasnya. (gg)

 

  • Bagikan