News  

Semarak HUT RI ke-77, Warga Tuban Kibarkan Bendera Merah Putih dengan Layang-layang

Momentum layang-layang naga mengibarkan bendera merah putih di langit wilayah Desa Kembangbilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.
Momentum layang-layang naga mengibarkan bendera merah putih di langit wilayah Desa Kembangbilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Tak kurang dari 30 layang-layang naga berukuran besar menghiasi langit sore di Desa Kembangbilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Layangan ini sembari dinaikan ke atas langit juga mengibarkan bendera merah putih. Hal ini sekaligus menyemarakkan momentum HUT Republik Indonesia ke -77.

Verianto, salah satu pemilik layang-layang naga asal Tuban, menuturkan bahwa kegiatan ini memang sengaja dilakukan di lokasi tersebut. Sebab, beberapa hari sebelumnya, sudah diumumkan pada pecinta layangan lainnya.

“Memang ini kopdae kemerdekaan. Jadi janjian memaikan layangan bareng-bareng,” ujar Verianto.

Pemuda yang ramah ini, menuturkan alasan dipilihnya lokasi menaikan layangan naga di sebelah selatan Jalan Lingkar Selatan (JLS) desa setempat ini, yaitu karena tempatnya yang luas. Selain itu, juga tidak ada kabel listrik maupun pepohonan.

“Di sini anginnya stabil. Terus juga jauh dari kabel atau halangan lainnya yang membuat khawatir jika menaikan layangan,” ujarnya.

Sebenarnya, sebelum puluhan layangan naga ini dinaikan, hembusan angin sempat kurang maksimal. Namun, setelah menjelang senja tiuapan angin bagus dan semakin stabil.

“Tadi kalau angin bagus. Mungkin ada 70 layang yang akan dinaikan mas,” ucapnya.

Dalam menyemarakkan momentum bahagia bagi rakyat Indonesai ini yang hadir kopdar dari beberapa daerah. Selain tuan rumah dari Tuban, hadir pula dari beberapa kabupaten tetangga, seperti Lamongan, Bojonegoro dan daerah lainnya.

Kesempatan ini, juga dimanfaatkan masyarakat sekitar yang hilir mudik datang ke lokasi untuk menonton. Salah satunya Imron. Dia tak sengaja sedang lewat bersama istri dan anaknya. Saat melihat dari kejauhan ada banyak layangan naga yang memperindah langit, dia kemudian ke tempat tersebut.

“Awalnya gak sengaja mas. Saya lihat dari kejauhan kok bagus. Langsung aja saya ke sini. Ternyata memang bagus,” ucapnya.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim