Sempat Kejar-kejaran, Warga Tuban Tangkap Biawak Sepanjang 1,5 Meter - Tugujatim.id

Sempat Kejar-kejaran, Warga Tuban Tangkap Biawak Sepanjang 1,5 Meter

  • Bagikan
Warga berhasil menangkap hewan biawak. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)
Warga berhasil menangkap hewan biawak. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Warga Kelurahan Latsari, Kecamatan Tuban, ini dihebohkan dengan aksi kejar-kejaran pada Jumat pagi (26/03/2021). Aksi itu dilakukan bukan mengejar maling, tapi warga berusaha menangkap hewan biawak yang ukurannya besar mirip buaya. Biawak sepanjang 1,5 meter ini berhasil ditangkap warga di bundaran patung Letda Sucipto setelah mengejarnya hampir sejauh 20 meter.

Burhanudin, warga Kelurahan Mondokan, mengungkapkan, awalnya biawak dengan bobot 6 kilogram ini keluar dari halaman gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban. Mengetahui ada orang di trotoar jalan, hewan dengan nama latin Varanus salvator ini secepat mungkin menghindari manusia. Warga pun lalu berusaha menangkapnya karena sangat membahayakan. Bahkan, dalam aksi penangkapan itu membutuhkan 4 orang.

Biawak sepanjang 1,5 meter dengan berat 6 kg yang ditangkap warga. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)
Biawak sepanjang 1,5 meter dengan berat 6 kg yang ditangkap warga. (Foto: Rochim/Tugu Jatim)

“Tadi begitu tahu ada biawak langsung kami kejar sampai di lampu merah,” kata Burhanudin kepada Tugu Jatim.

Kasdari, warga setempat yang juga ikut menangkap biawak, mengatakan, hewan ini sering muncul di sekitar lokasi. Karena tempat gedung dewan yang berdekatan dengan sungai, membuat biawak gampang ditemukan.

“Beberapa bulan yang lalu juga ada yang ukurannya lebih kecil dari ini. Lumayan banyak yang melihat, tapi jarang ada yang tertangkap,” ungkap Kasdari. (Mochamad Abdurrochim/ln)

  • Bagikan