Sepeda Listrik Karya Putra Daerah, Jadi Kado HUT-104 Kota Madiun - Tugujatim.id

Sepeda Listrik Karya Putra Daerah, Jadi Kado HUT-104 Kota Madiun

  • Bagikan
Sepeda listrik. (Foto: Bayu Angga Nyumantara/Tugu Jatim)
Penyerahan sepeda jengki listrik oleh PNM ke Wali Kota Madiun H. Maidi usai upacara peringatan hari jadi pada Senin (20/06/2022). (Foto: Bayu Angga Nyumantara/Tugu Jatim)

MADIUN, Tugujatim.id – Senyum semringah ditunjukkan Wali Kota H. Maidi kala menerima kado spesial Hari Jadi ke-104 Kota Madiun pada Senin (20/06/2022). Sebab, perwakilan sejumlah mahasiswa Politeknik Negeri Madiun (PNM) bersama wakil direkturnya mempersembahkan sepeda listrik hasil produksinya. Sepeda tipe jengki itu nampak pas dipadukan dengan busana khas yang dikenakan Wali Kota H. Maidi.

“Harapan kami, ini bisa menjadi embrio kebangkitan teknologi kendaraan listrik di Kota Madiun. Apalagi ini produk lokal yang dirakit sendiri oleh mahasiswa Madiun,’’ kata Wali Kota Maidi usai menerima hibah sepeda listrik untuk Pemkot Madiun itu.

Dia mengatakan, sepeda listrik itu bisa menjadi prototipe atau bahkan produk contoh untuk dipasarkan. Menurut dia, sepeda buatan para mahasiswa Poltek tersebut bisa menjadi pilot project untuk pembuatan sepeda secara massal. Dia melanjutkan, tinggal bagaimana menarik para profesional untuk bekerja sama dengan kampus PNM dalam pengembangannya.

“Saya kira PNM pasti membuka lebar pintu kerja sama produksi sepeda listrik ini. Sebab, produk sepedanya saya coba nyaman dan layak,’’ kata orang nomor satu di Kota Madiun itu.

Sepeda listrik. (Foto: Bayu Angga Nyumantara/Tugu Jatim)
Sepeda jengki listrik yang dibuat oleh PNM pada Senin (20/06/2022). (Foto: Bayu Angga Nyumantara/Tugu Jatim)

Dia juga berharap, PNM dapat membantu Kota Madiun salah satunya dalam hal pengembangan transportasi listrik. Jadi, Kota Madiun bisa mengurangi polusi suara maupun udara dari kendaraan. Setidaknya, kendaraan operasional Kota Madiun.

“Apalagi kalau bisa berkolaborasi mengembangkan kendaraan listrik untuk wisata kota, tentu kami dukung,’’ katanya usai upacara HUT Kota Madiun di alun-alun.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan PNM Fredy Susanto mengungkapkan, sepeda tersebut dirakit sendiri oleh mahasiswanya. Termasuk oleh mahasiswa asli Kota Madiun. Menurut dia, sepeda tersebut salah satu bentuk kebanggaan para mahasiswa karena banyak dukungan yang diberikan Pemkot Madiun bagi kemajuan PNM.

“Sebagian mahasiswa itu merupakan penerima beasiswa dari Pemkot Madiun,’’ ungkapnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan