MALANG, Tugujatim.id – Program Studi Akuntansi dan Perbankan Syariah FEB Unisma menggelar Digital Marketing Practicioner Course Batch 4 di Gedung Utsman Bin Affan lantai 7, pada 22 Juli 2024. Acara FEB Unisma ini berkat kerja sama dengan Asosiasi Digital Marketing Indonesia (Digimind) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Digital Marketing.
Kegiatan FEB Unisma yang digelar secara hybrid ini melibatkan 500 mahasiswa. Acara ini juga menghadirkan Ketua Asosiasi Digital Marketing Indonesia Dian Martin yang mengupas soal “Unlocking Career Opportunity: The Critical Role of Certification in Digital Marketing.
Dekan FEB Unisma Nur Diana SE MSi CMA CBV CERA mengatakan, tujuan program Digital Practicioner Course untuk mendorong dan meningkatkan kompetensi para lulusan. Selain itu, dia juga mengatakan, tujuan lainnya untuk mengurangi kesenjangan antara kebutuhan kompetensi lulusan dengan harapan industri.
“Karena itu, kurikulum di FEB Unisma jadi jantung untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing. Kami harus adaptif dan mampu menciptakan lulusan sebagaimana keunggulan dari profil lulusan yang ada di masing-masing prodi juga harus memiliki karakter 5.0,” tutur Nur Diana saat memberikan sambutan.
Diana mengatakan, banyak yang bisa diintegrasikan untuk pemasaran digital. Mulai dari situs web, e-mail, SMS, dan MMS, media awam, dan software.
“Aktivitas marketing dapat diintegrasikan secara global dengan memakai pemasaran digital yang menjangkau target konsumen pada seluruh platform online. Bisa melalui situs web, e-mail, SMS, dan MMS, media awam, dan software,” ungkapnya.
Dia menjelaskan, berdasarkan hasil survei World Economics Forum 2021 bertajuk The Future Jobs menunjukkan profesi digital marketing merupakan salah satu dari 10 profesi paling dicari. Karena itu, Diana berharap, mahasiswa FEB Unisma saat lulus menjadi seorang sarjana tidak hanya berpikir untuk memperebutkan pekerjaan. Tapi, mereka harus berpikir membuka lapangan pekerjaan baru untuk membangun perekonomian bangsa di era digitalisasi.
Karena itu, dia mengatakan, mahasiswa harus sungguh-sungguh serta konsisten ikut proses pembelajaran di kampus.
“Ilmu dan skill yang Anda dapat selama menjalani proses pendidikan digital marketing dan akumulasi pengalaman menjadi bekal berharga untuk menempuh perjalanan hidup ke depan sebagai sarjana,” tambah Diana.
Sementara itu, Ketua Asosiasi Digital Marketing Indonesia Dian Martin mengapresiasi tinggi kepada Dekan FEB Unisma Nur Diana. Dia menilai, dekan FEB Unisma sangat visioner, adaptif, dan mampu membaca kebutuhan dunia industri soal kompetensi SDM di era digital.
Dia mengatakan, FEB Unisma telah memelopori sekolah digital marketing hingga saat ini berjalan. Dian Martin juga memberikan materi soal Kebutuhan Kompetensi Digital Marketing di dalam Job Market.
Saat penutupan, para peserta akan menjalani ujian sertifikasi kompetensi digital marketing yang dilaksanakan atas kerja sama FEB Unisma dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Digital Marketing Indonesia (BNSP). Kelulusan ujian sertifikasi ini akan menjadikan mahasiswa memiliki modal besar dalam menghadapi persaingan setelah lulus kuliah. (adv)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Tugujatim.id
Editor: Dwi Lindawati