Sidang Isbat 1 Syawal 1442 Hijriah Digelar 11 Mei 2021 - Tugujatim.id

Sidang Isbat 1 Syawal 1442 Hijriah Digelar 11 Mei 2021

  • Bagikan
Dirjen Bimas Islam Kamaruddin saat menjelaskan pelaksanaan sidang isbat. (Foto: YouTube Kemenag/Tugu Jatim)
Dirjen Bimas Islam Kamaruddin saat menjelaskan pelaksanaan sidang isbat. (Foto: YouTube Kemenag/Tugu Jatim)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah pada Selasa (11/05/2021) atau tepat pada hari ke-29 Ramadhan.

“Insya Allah pada 29 Ramadhan bertepatan dengan 11 Mei 2021 akan dilaksanakan kembali sidang isbat,” terang Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dikutip pada Sabtu (08/05/2021).

Sidang isbat rencananya akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Sementara untuk pelaksanaannya, Kamaruddin menuturkan, sidang isbat akan dilakukan secara daring maupun luring dengan menerapkan protokol kesehatan. Lantaran, Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Adapun sidang akan digelar tertutup, artinya tidak semua bisa hadir secara luring. Sidang dihadiri Menag dan Wakil Menag Zainut Tauhid Sa’adi, pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI), pihak Komisi VIII DPR, serta sejumlah dubes negara sahabat, dan perwakilan ormas.

Sementara itu, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Agus Salim mengatakan, tahapan sidang isbat akan dimulai pada pukul 16.45 WIB berupa pemaparan posisi hilal awal Syawal 1442 Hijriah oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Selanjutnya setelah waktu Magrib, sidang isbat akan dipimpin oleh Menag Yaqut Cholil diawali dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal.

Kemenag telah menjadwalkan melakukan rukyatul hilal pada 88 titik di seluruh Indonesia. Di DKI Jakarta, rukyatul hilal akan dilaksanakan di Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta lantai tujuh, di Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH Hasyim Asy’ari Jakarta Barat.

“Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi serta disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag,” katanya.

  • Bagikan