Simak 5 Fakta Menarik dari Tugu Pahlawan Surabaya

  • Bagikan
Monumen Tugu Pahlawan di Kota Surabaya. (Foto:Pixabay/Tugu Jatim)
Monumen Tugu Pahlawan di Kota Surabaya. (Foto:Pixabay/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Banyak fakta-fakta menarik soal Kota Surabaya. Salah satunya yaitu monumen perjuangan yang ada di Surabaya bernama Tugu Pahlawan. Jika melihat monumen ini mengingatkan kita akan berbagai peristiwa sejarah dalam upaya perjuangan arek-arek Suroboyo dalam melawan penjajah.

Untuk mengingatkan peristiwa itu, setiap 10 November kita memperingatinya melalui Hari Pahlawan. Nah, karena banyak fakta menarik dari Tugu Pahlawan yang barangkali belum Anda ketahui. Tugu Jatim pun berhasil merangkumnya untuk pembaca.

1. Pembangunan Dipimpin Doel Arnowo

Dalam jajaran panitia pembangunan Tugu Pahlawan, ada pemimpinnya yang bernama Doel Arnowo dari Balai Kota Surabaya. Tidak lama kemudian, Presiden Soekarno memberikan mandat pada Doel Arnowo untuk mengabdi di Kementerian Dalam Negeri. Selanjutnya, pembangunan diteruskan oleh Indonesian Engineering Corporation dan pemborong Saroja hingga menjadi Tugu Pahlawan yang sekarang.

2. Sumbangan Rp 10 Ribu dari Presiden Soekarno

Berdasarkan catatan yang sempat diterbitkan oleh Antara pada 15 Juli 1952, wali Kota Surabaya saat itu menjelaskan bahwa ada semacam dana dalam proses pembangunan Tugu Pahlawan yang masih belum cukup. Kemudian Presiden Soekarno memberikan sumbangan pribadi sebesar Rp 10 ribu agar pembangunan itu bisa dilanjutkan dan diselesaikan.

3. Dana dari Kupon Undian Barang

Lantaran kekurangan dana dalam proses pembangunan Tugu Pahlawan, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sempat membuat keputusan untuk mencari dana tambahan atau sumbangan. Semua warga Surabaya memberi dana atau sumbangan secara ikhlas. Sedangkan solusi lainnya, Pemkot Surabaya membuat kupon undian hadiah barang dengan jumlah Rp 500.000 yang separonya dipakai untuk pembagunan Tugu Pahlawan.

4. Tinggi Tugu Pahlawan Tidak Sesuai Rencana

Pada awalnya, Tugu Pahlawan direncanakan akan dibangun dengan tinggi 45 meter. Tapi, hal tersebut diurungkan lantaran fondasi yang dibuat tidak dapat menahan tugu yang memiliki tinggi 45 meter. Jadi, Tugu Pahlawan akhirnya dibangun dengan tinggi 45 yard atau 41,15 meter.

5. 10 Bulan Proses Pembangunan

Peletakan batu pertama yang digagas Presiden Soekarno dilaksanakan pada 10 November 1951 ketika memperingati Hari Pahlawan. Meskipun memiliki banyak kendala dalam proses pembangunan, ternyata Tugu Pahlawan bisa berdiri tegak hanya dalam waktu 10 bulan saja sejak hari pertama batu peletakan tersebut.

Itulah 5 fakta menarik mengenai Tugu Pahlawan yang perlu Anda ketahui. Banyak sekali sejarah dan sudut-sudut di Kota Surabaya yang masih menyimpan berbagai ragam cerita masa lalu yang menjadi fondasi awal berdirinya Kota Surabaya, terlebih Indonesia pasca kemerdekaan. (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan