Sisihkan Gaji, ASN Kemenag Tuban Bagi Paket Sembako dan Vitamin untuk Warga - Tugujatim.id

Sisihkan Gaji, ASN Kemenag Tuban Bagi Paket Sembako dan Vitamin untuk Warga

  • Bagikan
Kepala Kantor Kemenag Tuban Sahid menyerahkan paket sembako dan vitamin untuk warga terdampak Covid-19 di sekitar KUA Semanding, Kamis (12/08/2021). (Foto: Humas Kemenag Tuban/Tugu Jatim)
Kepala Kantor Kemenag Tuban Sahid menyerahkan paket sembako dan vitamin untuk warga terdampak Covid-19 di sekitar KUA Semanding, Kamis (12/08/2021). (Foto: Humas Kemenag Tuban)

TUBAN, Tugujatim.id – Aksi solidaritas dilakukan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kemenag Tuban dengan memberikan bantuan sembako dan vitamin kepada warga terdampak Covid-19 pada Kamis (12/08/2021). Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama, mengingat sampai hari ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) masih diperpanjang hingga 16 Agustus 2021.

Kepala Kantor Kemenag Tuban Sahid menjelaskan, giat ini selain membagikan paket sembako dan vitamin, sekaligus sosialisasi protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi kepada masyarakat.

Kepala Kantor Kemenag Tuban Sahid bersama forkopimda sebelum menyerahkan paket sembako dan vitamin untuk warga terdampak Covid-19 di sekitar KUA Semanding, Kamis (12/08/2021). (Foto: Humas Kemenag Tuban/Tugu Jatim)
Kepala Kantor Kemenag Tuban Sahid bersama forkopimda sebelum menyerahkan paket sembako dan vitamin untuk warga terdampak Covid-19 di sekitar KUA Semanding, Kamis (12/08/2021). (Foto: Humas Kemenag Tuban)

“Aksi ini dilakukan di tengah kesulitan warga mencari kebutuhan hidup sehari-hari di masa PPKM yang sampai hari ini masih diperpanjang sampai 16 Agustus 2021,” ujar Kepala Kantor Kemenag Tuban Sahid di sela-sela kegiatan yang dilaksanakan di sekitar KUA Semanding, Kamis (12/08/2021).

Pria kelahiran Gresik ini menambahkan, dana yang dipakai dalam giat ini bukan dari anggaran negara. Tapi, dana dari kumpulan dana zakat infak dan sedekah yang rutin dilaksanakan setiap bulan oleh seluruh ASN Kemenag Tuban.

“Semua ASN tergerak untuk berbagi, apalagi ada dasar surat dari Dirjen Bimas Islam tentang gerakan sejuta vitamin dan sosialisasi prokes kepada masyarakat,” katanya.

Dia menambahkan, setiap bulan ASN mengumpulkan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang nantinya dari hasil pengumpulan tersebut di tasyarufkan kepada 8 orang yang berhak menerima.

Sahid memberikan vitamin untuk pengendara motor di sekitar KUA Semanding, Kamis (12/08/2021). (Foto: Humas Kemenag Tuban/Tugu Jatim)
Sahid memberikan vitamin untuk pengendara motor di sekitar KUA Semanding, Kamis (12/08/2021). (Foto: Humas Kemenag Tuban)

“Potongan ZIS berbeda-beda tergantung besaran gaji yang diterima ASN. Semua itu kami jadikan satu. Kebetulan dalam situasi pandemi, banyak masyarakat membutuhkan uluran tangan,” lanjutnya.

Kasi Bimas Islam Kemenag Tuban Mashari menjelaskan, paket bantuan itu terdiri dari beras, vitamin, susu, masker, dan minyak kayu putih. Bantuan ini diberikan kepada warga yang membutuhkan dan tukang becak di sekitar KUA Semanding.

“Kami tasyarufkan kepada masyarakat sekitar KUA Semanding dan tukang becak,” ujarnya.

Untuk diketahui, secara resmi kegiatan berbagi ini di-launching pada 3 Agustus 2021. Dia berharap giat ini bisa meringankan sebagian warga yang terkena imbas pandemi.

“Sekaligus ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain untuk ikut berbagi,” sambungnya.

  • Bagikan