Srikandi Tuban Antarkan Panahan Jatim Juara Umum PON Papua 2021 - Tugujatim.id

Srikandi Tuban Antarkan Panahan Jatim Juara Umum PON Papua 2021

  • Bagikan
Dari kiri, Wika Asnunik, Bunga Ardila, dan Ayu mareta usai berlaga melawan tim beregu DIY Yogyakarta di ajang PON XX Papua, Sabtu (9/10/2021) lalu. (Foto: Dokumen/KONI Tuban) tugu jatim panahan jatim
Dari kiri, Wika Asnunik, Bunga Ardila, dan Ayu mareta usai berlaga melawan tim beregu DIY Yogyakarta di ajang PON XX Papua, Sabtu (9/10/2021) lalu. (Foto: Dokumen/KONI Tuban)

TUBAN, Tugujatim.id – Kontingen Jawa Timur keluar sebagai juara umum pada cabang olahraga (cabor) panahan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua. Hasil itu diraih setelah aga final berlangsung di arena panahan, Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (9/10/2021). Dua atlet Jatim saling berebut emas di nomor nasional perorangan yakni Bunga Arbela dan Ayu Mareta Dyasari.

Bunga berhak atas medali emas setelah mengalahkan rekannya dengan skor 6-0. Ayu Mareta pun harus puas dengan medali perak. Sedangkan medali perunggu didapat Nashwa Wibowo dari Daerah Istimewa Yogykarta. Ia mengalahkan rekan sedaerah, Syafa Aliefsya Ramadhan dengan skor 6-0.

Salah satu penyumbang medali emas dan berhasil mengantarkan cabor panahan Jatim menanjadi juara umum, yakni tim beregu putri. Di sana ada satu nama atlet panahan asal Tuban, Wika Asnunik.

Dia memperkuat Jatim beregu dengan dua rekannya asal Malang dan Surabaya, masing masing Bunga Ardila dan Ayu Mareta, ketiganya mampu mengalahkan atlet asal Daerah Istimewa Yogyakarta pada final dengan perolehan 62 poin, setelah sebelumnya menggulingkan tuan rumah Papua pada semi final.

KONI Tuban Apresiasi Atlet Tuban di Kontingen Panahan Jatim

Atas presatsi tersebut, Seketeraris KONI Tuban, Zaenal Maftuhein memberikan apresasi setingginya-tinggi telah mengharumkan nama baik Jawa Timur pada umunya, dan Tuban pada khususnya.

“Kita patut berbangga atas prestasi putra-putri Tuban, apresiasi setinggi tingginya untuk mereka yang sudah mengharumkan nama Jawa Timur di ajang PON, dan nama Kabupaten Tuban daerah asal mereka, semoga capaian ini di ikuti cabor lain,” ungkap Zaenal.

Zaenal menambahkan, sampai dengan saat ini atlet asal Kabupaten Tuban telah memperkuat perolehan medali untuk Jawa Timur, yakni dua emas, dari cabor gulat dan panahan , satu perak dari cabor judo nomor Nageno Kata, dan satu perunggu dari cabor biliar 8 ball double.

Dilansir dari website kominfo.jatimprov.go.id, pelatih panahan Jatim Lilies Handayani mengaku puas dengan capain timnya. Gelar ini merupakan yang kesepuluh kalinya. Semuanya berkat kerja keras atlet dan official.

“Di nomor nasional, targetnya 2 emas. Tapi dapat 3 (emas). Bunga dapat 3 emas,” kata Lilies.

Sebelumnya, tim panahan Jatim sudah mendapatkan 4 medali emas di PON XX 2021 Papua. Yakni dari nomor recurve perorangan putri, recurve beregu putri, recurve campuran, dan compound beregu putri.

Capaian tim panahan Jawa Timur meraih juara umum tersebut merupakan kesepuluh kalinya sepanjang perhelatan multieven olahraga nasional. Tim panahan Jawa Timur mengumpulkan 7 medali emas dan 2 perak.

  • Bagikan