Strategi Menuju Herd Immunity ala Tugu Media Group dan Forkopimda Kota Malang - Tugujatim.id

Strategi Menuju Herd Immunity ala Tugu Media Group dan Forkopimda Kota Malang

  • Bagikan
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto dalam webinar yang digelar Tugu Media Group bersama Forkopimda Kota Malang pada Kamis (14/10/2021). (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto dalam webinar yang digelar Tugu Media Group bersama Forkopimda Kota Malang pada Kamis (14/10/2021). (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Tugu Media Group kembali menggelar webinar terkait vaksinasi. Webinar kali ini, media siber itu berkolaborasi dengan Forkopimda Kota Malang dengan mengangkat tajuk “Vaksinasi sebagai Upaya Herd Immunity Menuju Kehidupan Normal” pada Kamis (14/10/2021). Seperti apa strategi menuju herd immunity di Kota Malang?

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto menjelaskan, Kota Malang berada pada peringkat ketiga terbaik Provinsi Jatim dalam capaian vaksinasi Covid-19.

“Capaian vaksinasi masyarakat umum di Kota Malang telah mencapai 90,87 persen untuk dosis pertama. Sementara dosis kedua 61,15 persen,” ujarnya, Kamis (14/10/2021).

Kini pihaknya menargetkan akan melakukan percepatan vaksinasi bagi kelompok lanjut usia (lansia) di Kota Malang. Dia mengatakan, sebanyak 83.115 lansia di Kota Malang saat ini yang telah divaksin dosis pertama masih 47,70 persen dan dosis kedua 33,97 persen.

“Kami bekerja sama dengan babinsa, kelurahan, dan nakes puskesmas untuk melakukan vaksinasi agar tepat sasaran kepada lansia. Salah satunya melalui vaksinasi door-to-door untuk memberikan vaksin kepada lansia,” jelasnya.

Pihaknya juga akan terus menggencarkan serbuan vaksin dan edukasi kepatuhan prokes dalam upaya menuju target herd immunity di Kota Malang.

“Kami dari Polresta Malang Kota akan terus melakukan serbuan vaksin untuk percepatan vaksinasi ini. Kemudian kami juga memperkuat ketertiban prokes,” paparnya.

Sementara itu, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona dalam webinar ini menyampaikan, pihaknya akan terus mengawal pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19.

Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadhona dalam webinar yang digelar Tugu Media Group bersama Forkopimda Kota Malang pada Kamis (14/10/2021). (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Dandim 0833 Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadhona dalam webinar yang digelar Tugu Media Group bersama Forkopimda Kota Malang pada Kamis (14/10/2021). (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Dia juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan prokes dalam kehidupan sehari hari. Jadi, paparan Covid-19 bisa diantisipasi.

“Kita tidak boleh lengah, pakar epidemologi juga sudah mengingatkan gelombang kasus Covid-19 bisa kapan saja terjadi. Kita sudah mengalami 2 kali gelombang, maka ini harus tetap diwaspadai,” paparnya.

Menurut dia, negara maju seperti India, Singapura, hingga Amerika Serikat pernah mengalami hantaman gejolak pandemi karena tak menjaga prokes dengan baik.

“Negara-negara tersebut sebenarnya capaian vaksinasinya sudah cukup baik. Namun wabah Covid-19 masih menyerang, artinya kita tidak boleh lengah,” ujarnya.

Sementara itu, CEO Tugu Media Group Irham Thoriq mengatakan, webinar yang juga untuk memperingati HUT TNI ke-76 ini sekaligus dilakukan demi mengedukasi masyarakat dalam meningkatkan literasi prokes dan vaksinasi.

Namun, dalam hal ini kolaborasi seluruh elemen masyarakat menjadi hal yang penting dalam penanganan pandemi Covid-19. Jadi, kerja sama semua pihak dalam menegakkan prokes menjadi hal yang mutlak.

“Acara ini merupakan kolaborasi antara media, TNI, Polri, dan pemerintah daerah. Kami yakin saat ini adalah era kolaborasi, jadi tak bisa berjalan sendirian. Maka kita juga harus berkolaborasi untuk saling menguatkan demi memberi manfaat kepada masyarakat luas,” jelasnya.

Menurut dia, melalui kolaborasi semua bisa menciptakan kekuatan luar biasa.

“Melalui kolaborasi kita akan bisa menciptakan kekuatan luar biasa. Untuk itu, kami siap mendukung program TNI-Polri karena peran mereka ini sangat besar dalam menciptakan kestabilan, keamanan, dan kenyamanan masyarakat,” tutupnya.

Sebagai informasi, webinar yang digelar Tugu Media Group (www.tugumalang.id dan www.tugujatim.id) ini didukung oleh Pemkot Malang, Dandim 0833 Kota Malang, Danrem 083 Baladhika Jaya, Polresta Malang Kota, dan J-99 Corp.

Wali Kota Malang Sutiaji dan penulis buku "Kupas Tuntas Vaksinasi Covid-19" Dr Syifa Mustika dalam webinar yang digelar Tugu Media Group bersama Forkopimda Kota Malang pada Kamis (14/10/2021). (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Wali Kota Malang Sutiaji dan penulis buku “Kupas Tuntas Vaksinasi Covid-19” Dr Syifa Mustika dalam webinar yang digelar Tugu Media Group bersama Forkopimda Kota Malang pada Kamis (14/10/2021). (Foto: M. Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

Selain peserta webinar, hadir dalam acara itu, Wali Kota Malang Sutiaji, Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona, dan penulis buku “Kupas Tuntas Vaksinasi Covid-19” Dr Syifa Mustika.

 

 

  • Bagikan