MALANG, Tugujatim.id – Para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) perlu memahami bahwa strategi pemasaran yang efektif merupakan kunci kesuksesan dalam meningkatkan visibilitas produk dan daya jualnya di pasaran. Semakin banyaknya jumlah UMKM yang silih berganti keluar masuk dari pasar menunjukkan bahwa semakin ketat pula persaingan.
Sehingga, perlu adanya strategi yang tepat dan efektif untuk dilakukan oleh para pelaku UMKM agar tetap bertahan dan berkembang di gempuran era digitalisasi pemasaran saat ini. Selain itu, penting juga bagi pelaku UMKM untuk fokus pada kualitas produk dan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen agar mendapatkan reputasi yang baik di mata pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang yang berkelanjutan.
Apa sih Kegiatan Pemasaran Itu?
Marketing atau pemasaran sendiri merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan mempromosikan, menjual, serta mendistribusikan produk atau layanan kepada pelanggan atau target pasar.
Proses ini mencakup perencanaan yang strategis, pengembangan produk, penetapan harga, distribusi, dan promosi agar produk atau layanan tersebut diterima dengan baik di pasar. Selain itu, pemasaran juga mencakup analisis pasar, penelitian konsumen, dan pemahaman mendalam tentang kompetitor, semua itu dilakukan untuk mencapai keunggulan dalam bersaing.
Di era digital saat ini, pemasaran juga melibatkan penggunaan teknologi dan media sosial untuk berinteraksi dengan konsumen, membangun merek, dan meningkatkan eksposur produk atau layanan. Oleh karena itu, pemasaran menjadi elemen kunci dalam mencapai tujuan bisnis dan membangun hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan. Pemasaran dapat dilakukan baik secara tradisional maupun digital, tergantung pada strategi dan kebutuhan bisnis.
Pemasaran tradisional melibatkan metode konvensional seperti iklan di media cetak, televisi, radio, brosur, dan promosi secara langsung dari mulut ke mulut yang masih efektif dilakukan oleh para pelaku UMKM saat ini.
Mengingat kemajuan teknologi digital saat ini, banyak UMKM yang beralih ke pemasaran digital, menggunakan platform online seperti situs web, media sosial, e-mail, dan alat digital lainnya untuk mencapai konsumen secara lebih spesifik dan efisien. Kombinasi antara pemasaran tradisional dan digital seringkali menjadi strategi yang paling efektif, memungkinkan bisnis untuk mengoptimalkan potensi pemasaran mereka dalam lingkungan yang terus berubah.
Penerapan Strategi Pemasaran Bagi UMKM
Dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat bukan hanya dapat meningkatkan penjualan dan laba yang dihasilkan, tetapi juga dapat meminimalisir terjadinya kerugian biaya promosi atau pemasaran yang dikeluarkan. Berikut ini kami paparkan strategi pemasaran yang perlu dilakukan bagi para pelaku UMKM yang sedang dalam tahap berkembang maupun rintisan.
Memahami permasalahan atau kebutuhan target pasar
Dalam upaya meningkatkan daya tarik produk di pasar, pemahaman tentang permasalahan dan kebutuhan target pelanggan merupakan hal penting yang perlu dipertimbangkan oleh para pelaku UMKM. Dengan memahami keinginan dan kebutuhan konsumen potensial, bisnis dapat mengalami perkembangan dan meminimalisir terjadinya kerugian.
Membuat produk yang memiliki value (nilai)
Membuat produk yang bernilai dan menarik adalah strategi pemasaran penting bagi UMKM. Hal ini melibatkan pengembangan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen, menawarkan keunggulan yang berbeda dari pesaing, serta mengedepankan kualitas, inovasi, keunikan, dan kepraktisan. Daya tarik produk dapat diperkuat dengan desain yang menarik, kemasan yang berkualitas, dan citra merek yang kuat. Dengan menghasilkan produk bernilai dan menarik, UMKM dapat meningkatkan daya saing, memperoleh kepercayaan konsumen, dan memperluas pangsa pasar.
Melakukan riset pasar
Menganalisis pesaing yang menawarkan produk serupa atau sejenis merupakan langkah penting dalam perumusan strategi pemasaran. Dengan melakukan riset pasar tersebut dapat membantu pelaku UMKM untuk menentukan posisi mana yang dapat dituju dalam memasarkan produknya. Hal ini memungkinkan bisnis dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan tepat sasaran.
Melakukan promosi yang tepat
Setelah menentukan hal-hal tersebut, maka melakukan promosi merupakan aspek penting lain yang perlu diperhatikan. Promosi yang efektif memungkinkan pesan yang ingin disampaikan oleh UMKM dapat diterima dengan baik oleh calon konsumen. Pemilihan media promosi yang sesuai akan sangat membantu meningkatkan visibilitas produk, mencapai target audiens yang relevan, dan memperkuat kesan positif tentang merek atau produk tersebut.
Dengan memahami dan mengoptimalkan strategi-strategi pemasaran tersebut, produk UMKM akan memiliki peluang yang lebih besar untuk dikenal oleh para calon konsumen dan menjadi laris manis di pasaran.
Penulis: Maynda Cessaria N. P.