Sunah-sunah yang Dianjurkan sebelum Melaksanakan Salat Idul Fitri - Tugujatim.id

Sunah-sunah yang Dianjurkan sebelum Melaksanakan Salat Idul Fitri

  • Bagikan
Ilustrasi masjid dan perayaan Hari Raya Idul Fitri. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Salat Idul Fitri merupakan ibadah yang dikerjakan pagi hari setelah terbit matahari saat Hari Raya Idul Fitri. Namun sebelum melaksanakan salat yang memiliki hukum sunah muakkad ini, kamu harus melaksanakan sunah-sunah lainnya, seperti :

1. Membayar Zakat

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang keempat dan memiliki hukum wajib, artinya harus dilaksanakan. Selain untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan, zakat fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu,

Zakat fitrah wajib ditunaikan bagi setiap jiwa, dengan syarat beragama Islam, hidup pada saat bulan Ramadhan, dan memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idul Fitri.

Besarannya adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. Zakat fitrah diberikan kepada mustahik (penerima zakat) paling lambat dilakukan sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri.

2. Perbanyak Mengucap Takbir

Mengucapkan takbir merupakan sunah Nabi Muhammad SAW yang dimulai sejak malam sebelum Idul Fitri. Atau biasa disebut malam takbiran. Selain itu, perayaan malam takbiran yang biasa disi dengan pawai keliling, mungkin tahun akan terasa sedikit berbeda. Karena pemerintah sudah mengimbau untuk melaksanakan takbir di masjid atau mushala saja.

3. Makan sebelum Salat Idul Fitri

Nabi Muhammad SAW selalu menyempatkan diri untuk makan sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, ” Janganlah keluar pada hari Idul Fitri sampai dia makan dulu, dan janganlah makan ketika hari Idul Adha sampai dia shalat dulu.” (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Ahmad)

4. Mandi Sebelum Salat Idul Fitri

Mandi sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri merupakan sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.
Adapun niat mandi sunah Idul Fitri adalah,

“ Nawaitul ghusla sunnatan li ‘idil fithri lillahi ta’ala.”
Artinya, “ Saya niat mandi sunah untuk Idul Fitri karena Allah ta’ala”.

5. Gunakan Pakaian Terbaik

Sebelum melaksanakan salat Idul Fitri, disunahkan untuk memakai pakaian terbaik. Untuk laki-laki dianjurkan juga untuk memakai wewangian yang tidak begitu mencolok. Agar dapat menjalankan shalat Idul Fitri dengan lebih khusyuk.

6. Ucapkan Selamat dan Doa

Saling mengucapkan selamat saat bertemu sanak saudara disunahkan saat Hari Raya Idul Fitri. Ucapannya berupa doa seperti “Taqabbalallahu minna wa minkum” yang artinya, semoga Allah menerima amalan kami dan kalian.

Untuk itu, jika akan melaksanakan salat Idul Fitri, selain memperbanyak kalimat takbir, memberikan ucapan doa kepada sanak saudara juga dianjurkan.

7. Melewati Jalan Berbeda

Amalan sunah ini dapat dipraktekkan jika salat Idul Fitri dapat dikerjakan di luar rumah, seperti masjid atau lapangan. Seperti hadis berikut,

“Nabi SAW ketika hari raya mengambil jalan yang berbeda (antara pergi dan pulangnya).” (HR. Bukhari)

Tujuan dari amalan sunah ini adalah agar dapat berbagi kebahagiaan dengan orang lain di tempat yang berbeda. Mengambil jalan yang berbeda, tentunya akan bertemu dengan orang yang berbeda pula. Sehingga semakin banyak kebahagiaan yang dapat disebarkan melalui sapa dan senyuman.

  • Bagikan