Supaya Tubuh Tidak Lemas saat Puasa, Begini Kata Ahli Gizi 

Supaya Tubuh Tidak Lemas saat Puasa, Begini Kata Ahli Gizi 

  • Bagikan
Ilustrasi kebutuhan cairan tubuh.
Ilustrasi kebutuhan cairan tubuh. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Menjalani ibadah puasa biasanya tubuh mengalami banyak kekurangan cairan. Hal itu akan membuat badan terasa lemas dan tidak bersemangat untuk menjalani aktivitas di siang hari.

Nah, supaya tubuh tetap berada dalam kondisi sehat saat menjalani ibadah di bulan Ramadan, maka asupan air dan serat perlu diperhatikan. Hal ini diungkapkan Mirthasari Palupi, ahli gizi dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Karya Husada Kota Kediri, Minggu (3/4/2022).

Dia menjelaskan kebutuhan air dalam tubuh manusia secara normal sebanyak 2 liter per hari. Selain itu, asupan makanan yang kaya akan serat juga menjadi hal penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dalam menjalani ibada puasa.

“Apalagai saat puasa kita tidak bisa minum air sedangkan di siang hari cairan keluar banyak, tentu cairan tubuh menjadi hal penting,” ungkapnya saat ditemu di tempat kerjanya.

Mirthasari Palupi, ahli gizi STIKes Karya Husada Kota Kediri. (Foto: Pipit Syahrodin/Tugu Jatim)

Mirthasari menjelaskan, tubuh yang mengalami kekurang cairan akan menjadi lemas dan kulit tampak pecah-pecah. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap memenuhi 2 liter air per hari bagi tubuh.

“Sebisa mungkin 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka dan 2 gelas sebelum tidur, atau dibalik 4 gelas saat sahur dan 2 gelas saat berbuka. Jadi pas 8 gelas,” jelasnya.

Dosen Gizi Stiker Karya Husada itu menambahakan untuk menjaga kondisi tubuh selain pola makan dan kebutuhan gizi yang cukup juga perlu olahraga. Hal itu untuk melancarkan metabolisme atau pengolahan makanan dalam tubuh.

“Olahraga bisa dilakukan waktu sore hari sebelum berbuka, sedangkan untuk memenuhi kebutuhan serat bisa didapat dengan makan sayuran hijau, seperti daun singkong, daun pepaya, bayam, kangkung, dsb. Sebab sayur tersebut kaya akan serat,” tandasnya.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan