Surabaya PPKM level 1, Jemaah Tarawih Antusias Ramaikan Masjid

Surabaya PPKM level 1, Jemaah Tarawih Antusias Ramaikan Masjid

  • Bagikan
Jemaah salat Tarawih di Masjid Cheng Hoo Surabaya.
Jemaah salat Tarawih di Masjid Cheng Hoo Surabaya. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, Tugujatim.id – Puasa Ramadan jatuh pada hari Minggu (3/4/2022), salat tarawih pertama dilakukan pada Sabtu malam oleh warga Surabaya. Masyarakat tampak antusias menyambut salat tarawih bersama di masjid-masjid sekitar tempat tinggal mereka.

Salah satunya di masjid jalan Gading No 2, Kelurahan Ketabang atau tepatnya berada di belakang kompleks makam Pahlawan Surabaya. Masjid dengan gaya oriental China tersebut bernama Muhammad Cheng Hoo. Di sana sekitar 500 jemaah dari berbagai wilayah Surabaya berbondong-bondong melakukan salat tarawih pertama.

Takmir Masjid Cheng Hoo Surabaya, Ahmad Hariono Hong, mengatakan bahwa jemaah yang datang tahun ini berbeda dengan tahun lalu.

“Ramadan tahun ini antusiasnya sangat berbeda mas, tadi malam sampai ada 500 jemaah yang datang untuk melaksanakan salat tarawih berjamaah di masjid ini. Sangat membuat saya bangga sekaligus takjub mas dengan semangat para jemaah yang hadir,” ungkapnya kepada Tugujatim.id ketika ditemui di Masjid Cheng Hoo Surabaya, Minggu (3/4/2022).

Hariono juga menyampaikan meskipun jarak salat antar jemaah sudah kembali rapat dirinya tetap meminta jemaah untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Meskipun sudah kembali rapat safnya, tapi tetap saya minta untuk terapkan protokol kesehatan. Kami sudah menyiapkan sabun di tiap-tiap tempat wudu yang ada di kompleks masjid,” tegasnya.

Selanjutnya, dia menyebutkan jemaah yang datang bukan hanya dari masyarakat sekitar, tapi dari beberapa wilayah di Surabaya.

“Jemaah yang datang, ada yang dari wilayah Genteng, Ngaglik, Rungkut, Kalisari, Sidotopo, Pacar Keling, Gresik hingga Sidoarjo. Mereka ingin merasakan nuansa ibadah di Masjid Cheng Hoo ini,” terangnya.

Hariono berharap agar umat muslim di seluruh Indonesia dapat beribadah secara khidmat dan damai.

“Harapan saya untuk umat muslim Indonesia khususnya Surabaya, agar selalu beribadah kepada tuhan yang maha esa, beribadah dengan khidmat, damai dan senang seperti biasanya,” tutupnya.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan