Swab Test Massal, 170 Warga Panti Bhakti Luhur Malang Positif Covid-19

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Husnul Muarif menjelaskan soal 170 orang terpapar virus Covid-19 di Panti Bhakti Luhur Malang. (Foto: Azmy/Tugu Jatim)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Husnul Muarif. (Foto: Azmy/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Total sebanyak 170 penghuni lingkungan Panti Asuhan Yayasan Bhakti Luhur di Jalan Raya Dieng, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang, terkonfirmasi positif Covid-19.

Temuan ini berdasarkan pada hasil swab test antigen massal terhadap sekitar total 500 penghuni yayasan yang merawat anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) ini pada Kamis (25/02/2021). Sebanyak 170 kasus positif ini terdiri di 85 pengasuh dan 85 ABK.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif mengungkapkan bahwa proses tracking dan tracing ini berawal dari diketahuinya 5 penghuni panti asuhan yang mengalami flu dan pilek pada Kamis (25/02/2021).

Karena tak kunjung sembuh dan swab test menunjukkan hasil positif Covid-19, Husnul melanjutkan, pihak Puskesmas Mulyorejo langsung melakukan tracing hingga berujung swab test antigen kepada seluruh penghuni panti.

“Dari 500 penghuni, ada 170 orang yang hasilnya positif. Akhirnya mereka yang positif kami pisahkan di gedung berbeda untuk menjalani isolasi mandiri. Sebanyak 5 orang di antaranya dirawat di RS Lapangan Idjen Boulevard,” jelasnya saat dihubungi Selasa (02/03/2021).

Penghuni yang terkonfirmasi positif dalam 10 hari ke depan akan dilakukan pemantauan oleh Dinkes Kota Malang secara intensif. Termasuk pemantauan asupan gizi dan kesehatan medisnya.

“Nanti 10 hari ke depan akan kembali kami swab test antigen. Harapannya, hasilnya berubah jadi negatif Covid-19,” kata Husnul yang juga Jubir Satgas Covid-19 Kota Malang ini. (azm/ln)

 

 

  • Bagikan