Tak Capai Target, Partisipasi Masyarakat di Pilkada Tuban Masih Tertinggi di Jatim

  • Bagikan
Ilustrasi Pilkada 2020 partisipasi masyarakat
Ilustrasi pemungutan suara di Pilkada. (Foto: Instagram KPU_RI)

TUBAN, Tugujatim.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, cukup bisa berbangga diri. Kendati tidak melampaui target Partisipasi Masyarakat (Parmas) Nasional dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tuban sebesar 77,5 persen. Di mana angka Parmas di Tuban sebesar 76,5 persen.

Jika dibandingkan tahun 2015 lalu di mana partisipasi masyarakat Tuban yang hanya 51,91 persen, KPU Tuban mengalami kenaikan yang signifikan. Yakni sebesar 25,5 persen.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Komiaioner KPU Tuban, Zakiyatul Munawaroh dalam pesan singkatnya, angka Parmas di Tuban yakni 76,5 persen yang didapatkan Tuban, lebih baik dibandingkan tahun 2015. Bahkan kenaikan ini, tertinggi di Jawa Timur.

“Tidak sesuai target nasional. Namun ngka Parmas dalam Pilbup 2020 Tuban sudah bagus, mengingat kenaikannya hampir 25%, kenaikan ini tertinggi se Jatim,” kata perempuan yang akrab disapa Zakiyah kepada Tugu Jatim.

Baca Juga: 15 Daftar Website Penyedia Vektor Gratis yang Super Keren

Walaupun Pilkada Serentak 2020 tersebut digelar saat pandemi COVID-19, hal tersebut tampaknya tak menyurutkan pemilih untuk datang di Tempat Pengutuan Suara (TPS).

Ia pun berterima kasih kepada jajaran yang berada di bawahnya yang turut membantu terselenggaranya Pilkada Tuban yang terbilang baik. Terlebih, ujung tombak dalam pemilihan yang mensosialisasikan kepada masyarakat agar menggunakan hak konstitusionalnya.

“Ucapan terima kasih kepada PPK, PPS, KPPS dan Linmas atas kerja kerasnya,” ucapnya.

Sebatas diketahui, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dilakukan serentak tersebut digelar pada 9 Desember 2020 lalu. Dari hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara, ditetapkan perolehan suara dari masing-masing paslon yang bertarung pada Pilkada Tuban.

Hasilnya, paslon nomor urut 02 Aditya Halindra Faridzky – Riyadi meraih suara terbanyak dengan 423.236 pemilih.

Baca Juga: Prekuel Game of Thrones Akan Rilis Tahun 2022, Fokus ke Cerita Keluarga Targaryen

Kemudian, paslon nomor urut 1 Khozanah Hidayati – H. Muhammad Anwar meraih suara 170.955 pemilih. Lalu paslon nomor 3 Setiajit-RM Armaya Mangkunegara meraih suara 110.998 pemilih.

Untuk jumlah suara sah tercatat 705.189 pemilih, suara tidak sah 15.900 pemilih. Sehingga total suara ada 721.089 pemilih dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Tuban sebanyak 944.021 pemilih. (Moch Abdurrochim/gg)

  • Bagikan