Tak Makan Seharian? Ini Bahayanya bagi Tubuh…

  • Bagikan
Ilustrasi tidak makan seharian dapat memicu banyak efek samping yang berbahaya. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi tidak makan seharian dapat memicu banyak efek samping yang berbahaya. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Pernahkah Anda tak makan seharian karena berpikir itulah cara efektif untuk menurunkan berat badan? Namun, cara itu sebaiknya dihindari karena dapat menimbulkan efek  berbahaya bagi tubuh seperti meningkatkan risiko komplikasi beberapa penyakit, contohnya  aritmia jantung dan hipoglikemia.

Jadi, sebagai gantinya Anda dapat makan teratur dengan diimbangi berolahraga secara teratur agar berat badan dapat selalu terjaga. Sebenarnya apa sih yang terjadi pada tubuh saat kita tidak makan seharian hingga menimbulkan banyak risiko penyakit kronis? Tugu Jatim bakal menjelaskannya secara detail. Simak ya…

1. Organ Tubuh Bekerja Lebih Keras

Setiap hari tiap organ dalam tubuh melakukan tugasnya. Karena itu, setiap organ membutuhkan nutrisi dan vitamin untuk bekerja. Namun saat Anda tidak makan, tak ada nutrisi dan vitamin yang seharusnya diberi pada semua organ.

Akhirnya, organ tubuh bekerja tanpa bantuan sehingga akan bekerja lebih keras. Selain tidak mendapat nutrisi dan vitamin, tulang juga tidak mendapat asam amino sehingga gampang melemah.

2. Sistem Perncernaan Terganggu

Buah dan sayur yang mengandung serat itu berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan Anda. Jika tidak, pencernaan terganggu dan mengakibatkan penyakit seperti diare atau sembelit. Sistem pencernaan juga berisiko rusak saat tidak mendapat asupan nutrisi dan serat dari buah dan sayur. Padahal, nutrisi dan serat berfungsi seperti oli dalam mesin yang menjaganya untuk tetap bekerja dengan baik.

3. Menurunkan Kesehatan Mental

Anda mungkin sedikit bingung, bagaimana tidak makan dapat memengaruhi kesehatan mental. Jadi, gula darah hampir memengaruhi semua perasaan seperti mengantuk, stres, dan mudah tersinggung.

Nah, saat tubuh tidak menerima asupan nutrisi, maka gula darah dapat berkurang. Jadi, dapat memicu munculnya rasa cemas dan tampak murung. Hal itu disebabkan karena gula darah yang menurun memicu tubuh untuk memproduksi kortisol yang dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman seperti stres dan cemas.

4. Tubuh Melemah

Saat kadar gula dalam tubuh yang seharusnya didapat dari makanan tidak cukup, maka dia akan naik ke semua tempat. Jadi, Anda akan merasa kurang energik karena bagian tubuh lain ikut melemah. Lemak yang tidak ada juga dapat mengurangi fungsi otak serta menurunkan sistem imun lho.

Nah, masih mau menurunkan berat badan dengan tidak makan seharian nggak? Jadi, ayo makan teratur agar tetap sehat ya. Jika perlu, buat jadwal agar tidak lupa makan. (Muthiya Mabila/ln)

  • Bagikan