Tanah Longsor di Pasuruan, 2 Rumah Rusak dan 2 Ternak Milik Warga Mati Tertimbun Material - Tugujatim.id

Tanah Longsor di Pasuruan, 2 Rumah Rusak dan 2 Ternak Milik Warga Mati Tertimbun Material

  • Bagikan
Tanah longsor. (Foto: Warga/Tugu Jatim)
Kondisi tanah longsor yang merusak dua rumah warga di Dusun Banyusari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Minggu (26/06/2022). (Foto: Warga)

PASURUAN, Tugujatim.id – Hujan deras yang mengguyur sejak Minggu sore (26/06/2022) mengakibatkan fondasi rumah warga terdampak tanah longsor. Bencana ini tepatnya terjadi di Dusun Banyusari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan.

Bencana tanah longsor itu membuat dua bangunan belakang rumah milik warga rusak. Berdasarkan informasi yang diterima Tugu Jatim, bagian kamar tidur belakang, dapur, dan kandang sapi milik Sunarko, 43; dan Sumani, 56, hancur terbawa longsoran. Bahkan, 2 sapi milik warga juga ikut mati tertimbun longsor.

Kapolsek Nongkojajar AKP Kusmani mengungkapkan, kejadian tanah longsor ini terjadi pukul 14.30 WIB. Di tengah guyuran hujan deras, dia mengatakan, tiba-tiba dua warga berlarian keluar setelah terdengar suara retakan tanah.

“Mendengar ada suara retakan, Sunarko seketika keluar rumah menyelamatkan seekor anak sapi. Tetangganya, Sumani yang ada di dalam rumah ikut keluar rumah menyelamatkan diri,” ujar Kusmani.

Beruntung, jarak beberapa menit setelah Sunarko dan Sumani berada di luar rumah, fondasi belakang rumah mereka tiba-tiba longsor. Sayangnya, 4 sapi milik warga malah ikut terseret tanah longsor beserta kandangnya.

Setelah warga berupaya melakukan evakuasi, hanya dua sapi yang nyawanya berhasil diselamatkan.

“Total kerugian bangunan dua rumah rusak senilai Rp100 juta. Sementara 2 sapi mati ditaksir kerugiannya sekitar Rp35 juta,” ungkapnya.

Dua keluarga yang rumahnya terdampak tanah longsor itu kini diimbau untuk mengungsi sementara ke rumah saudaranya demi mengantisipasi adanya longsor susulan.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan