Tangani Perlawanan Slowakia lewat Gol Penalti, Swedia Belum Aman di Puncak Grup E

  • Bagikan
Pemain Swedia (kaus kuning) Quaison saat dilanggar di kotak penalti. (Foto: IG Swemnt/Tugu Jatim)
Pemain Swedia (kaus kuning) Quaison saat dilanggar di kotak penalti. (Foto: IG Swemnt)

MALANG, Tugujatim.id – Pertandingan antara Swedia vs Slowakia pada Jumat malam (18/06/2021) di Stadion Krestovsky, Rusia, dalam lanjutan penyisihan grup Euro 2020 berakhir tipis untuk kemenangan Swedia. Padahal, bagi Slowakia pertandingan ini adalah tiket menuju 16 besar seandainya bisa menang karena sudah mengoleksi 3 poin setelah mengalahkan Polandia.

Pertandingan berjalan buntu untuk kedua tim di babak pertama. Kedua tim bermain cukup taktis, tapi gol tidak terjadi di babak kedua. Di babak kedua, pelatih Swedia Janne Andersson memasukkan Robin Quaison untuk menggantikan Marcus Berg di menit ’64.

Keputusan tersebut terbukti efektif karena Robin Quaison beberapa kali mengubrak-abrik pertahanan Slowakia yang dijaga oleh Lindelof dan Marcus Danielsson. Hasilnya, Quaison yang terus membahayakan gawang Slowakia harus dilanggar di kotak penalti pada menit ’76. Emil Forsberg yang menjadi algojo sukses mengelabui kiper Slowakia, Emil Forsberg.

Dalam pertandingan tersebut, Slowakia sebenarnya unggul dalam penguasaan bola, yaitu 59 persen. Slowakia juga unggul akurasi umpan yang mencapai 88 persen dibandingkan 83 persen milik Swedia. Namun, Swedia lebih efektif dengan menciptakan 13 tendangan dan 4 mengarah ke gawang, sementara Slowakia hanya menciptakan 10 tendangan dan 0 yang mengarah ke gawang.

Dengan hasil ini, Swedia memuncaki klasemen grup E dengan mengoleksi 4 poin dari 2 pertandingan. Perebutan tiket 16 besar grup E juga semakin seru antara Swedia (4 poin, 2 main); Slowakia (3 poin, 2 main); Spanyol (1 poin, 1 main); dan Polandia (0 poin, 1 main).

 

  • Bagikan