Tanggul Sungai Avour Jebol di 3 Titik usai Hujan Deras Guyur Tuban - Tugujatim.id

Tanggul Sungai Avour Jebol di 3 Titik usai Hujan Deras Guyur Tuban

  • Bagikan
Salah satu tanggul Sungai Avour Suru, Tuban yang jebol akibat hujan deras yang mengguyur Tuban sejak Minggu (24/1/2021) malam. (Foto: Agus Setiawan/Tugu Jatim)
Salah satu tanggul Sungai Avour Suru, Tuban yang jebol akibat hujan deras yang mengguyur Tuban sejak Minggu (24/1/2021) malam. (Foto: Agus Setiawan/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Tanggul Sungai Avour, di Dusun Geger, Desa Magersari, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban jebol, Senin (25/1/2021) pagi. Total setidaknya terdapat sebanyak 3 titik tanggul yang jebol akibat hujan deras yang mengguyur Tuban sejak Minggu (24/1/2021) malam.

Berdasarkan pantauan Tugu Jatim di lapangan, Senin (25/1/2021) pagi tadi, warga tengah bekerja sama untuk memperbaiki tanggul-tanggul sungai yang jebol tersebut untuk mencegah banjir agar tidak semakin parah.

Salah satu warga asal Dusun Geger, Asaad mengaku bahwa jebolnya tanggul tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. Penyebabnya, air sungai meluap dan tanggul tidak sanggup untuk menahap luapan air tersebut.

“Ada tiga titik tanggul yang jebol. Terrjadi jebol sekitar jam 8-nan. Ya karena hujan dan kali (sungai, red) Avour tak mampu menampung,” ungkapnya saat ditemui Tugu Jatim, Senin (25/01/2021).

Asaad menambahkan, perbaikan tanggul tersebut dilaksanakan swadaya oleh masyarakat sekitar dusun. Yakni seperti perbaikan berupa pemasangan bambu dan karung tanah di lokasi.

“Masih diperbaiki masyarakat sendiri, dipasangin bambu dan karung tanah, diangkut pakai kapal,” bebernya.

Sementara itu, Sri, warga Dusun Geger yang lain juga menjelaskan aliran air dari tanggul yang jebol juga masuk ke jalan dusun dan rumah warga. Akses ke masjid setempat pun sementara juga ditutup untuk umum.

“Tadi pagi air langsung masuk ke jalan. Itu lihat mas jalan ke masjid ditutup oleh kayu,” ungkap Sri sembari menunjuk ke arah masjid.

Warga berharap agar tanggul yang jebol tersebut segera teratasi dan juga mendapat perhatian serta bantuan dari pihak pemerintah. (Agus Setiawan/gg)

  • Bagikan