Tangkal Paparan Covid, 4 Cara Ini Bisa Mematikan Virus dan Bakteri dalam Air - Tugujatim.id

Tangkal Paparan Covid, 4 Cara Ini Bisa Mematikan Virus dan Bakteri dalam Air

  • Bagikan
Ilustrasi bakteri dan virus dalam air. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi bakteri dan virus dalam air. (Foto: Pexels)

JAKARTA, Tugujatim.id – Kualitas dan kebersihan air tentu perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, kesehatan diri dan keluarga harus benar-benar terjamin demi menangkal paparan Covid-19.

Karena itu, Anda bisa memakai 4 cara ini untuk mematikan bakteri dan virus dalam air agar kualitas dan kebersihan air terjamin:

1. Direbus

Pada umumnya, masyarakat biasa menggunakan proses perebusan air sebelum dikonsumsi. Proses merebus air ini dipilih masyarakat karena dirasa mudah dan ekonomis.

Namun, proses merebus air dari PAM maupun air tanah juga memiliki kelemahan. Sebab, air PAM dan air tanah memiliki risiko terkontaminasi zat-zat berbahaya. Seperti kuman, pestisida, timbal, nitrat, kapur, besi, mangan, bakteri, virus, dan lain-lainnya.

Jadi ketika hanya direbus, zat-zat berbahaya itu masih berisiko tetap terkandung dalam air meski kuman hilang. Bahkan, proses ini juga berpotensi meningkatkan jumlah zat-zat itu karena air yang menguap bisa mengakibatkan konsentrasi senyawa berbahaya itu berkembang.

2. Disinfeksi Kaporit

Disinfeksi kaporit merupakan hal umum yang dilakukan pada proses penjernihan. Metode ini merupakan disinfeksi kimia yang menggunakan berbagai jenis klorin atau zat yang mengandung klorin untuk oksidasi.

Meski cukup mudah diterapkan, penggunaan kaporit tetap perlu diperhatikan kadarnya. Air dengan kaporit berlebih dapat menimbulkan rasa dan bau yang mengganggu. Bahkan, juga dapat menimbulkan alergi pada Anda yang berkulit sensitif.

3. Gas Ozon

Ozon biasa digunakan dalam berbagai minuman olahan seperti air minum kemasan. Pengolahan air menggunakan gas ozon ini termasuk proses disinfeksi paling banyak digunakan dalam industri air kemasan.

Namun, harga alat ini cukup mahal dan memiliki teknis yang rumit bagi masyarakat umum. Di samping itu, proses ini juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mensterilkan zat-zat yang terkandung dalam air.

4. Hydro (Penyaring Karbon + UV)

Hydro merupakan filter air yang dirancang menggunakan teknologi modern sehingga lebih efektif dalam mematikan virus pada air. Penyaringan dengan profex, karbon aktif berteknologi Jepang, menjadikan Hydro dapat mensterilkan air sehingga air hasil penyaringannya aman untuk dikonsumsi.

“Hasil dari filter air Hydro ini bisa langsung diminum. Sebab, proses ini juga menggunakan teknologi sinar ultraviolet yang bertindak sebagai agen sterilisasi yang kuat dan cepat. Jadi, air steril dari virus dan bakteri, sehat, dan aman untuk dikonsumsi,” ujar Marketing Hydro Nadiyah Lestari Anggraeni.

Teknologi ini juga dapat meminimalisasi, bahkan menghilangkan kemungkinan bakteri atau virus bereproduksi. Dengan demikian, bakteri serta virus musnah dan air terbebas dari kontaminan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silakan kunjungi situs website hydro.co.id atau menghubungi di nomor 0811800254.

  • Bagikan