Tengara Titik Nol Kota Surabaya, Monumen Lokasi Awal Perhitungan Jarak Antar Kota

  • Bagikan
Tugu atau Tengara Titik Nol Kota Surabaya di Jalan Pahlawan 110 Alun-Alun Contong Bubutan Kota Surabaya. (Foto: Humas Pemkot Surabaya/Tugu Jatim)
Tugu atau Tengara Titik Nol Kota Surabaya di Jalan Pahlawan 110 Alun-Alun Contong Bubutan Kota Surabaya. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

SURABAYA, Tugujatim.id – Ada “landmark” atau tengara mini yang begitu menarik untuk diulas, yakni Titik Nol Kilometer Surabaya. Letaknya di Jalan Pahlawan Nomor 110 Alun-Alun Contong Bubutan Kota Surabaya, tepatnya di depan Kantor Gubernur Jawa Timur dan seberang Monumen Tugu Pahlawan.

Perlu diketahui, titik nol sendiri merupakan jarak awal yang dipakai untuk mengukur satu kota dengan kota yang lainnya. Tengara titik nol Kota Surabaya diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo sekaligus bebarengan dengan Tugu Parasamya Punakarya Nugraha pada 28 Desember 2018.

Untuk Tugu Parasamya Punakarya Nugraha sendiri merupakan bentuk penghargaan untuk Gubernur Jawa Timur Soekarwo saat itu karena telah berhasil membangun sedemikian rupa daerah yang ada di kawasan provinsinya.

Sebelumnya, titik nol Kota Surabaya hanya ditandai dengan tugu kecil yang tidak begitu terlihat megah. Namun, kemudian titik nol Kota Surabaya digarap dengan baik oleh seniman asal Bali, pembuat Garuda Wisnu Kencana (GWK), yakni I Nyoman Nuarta. Selain itu, I Nyoman juga sempat menjadi salah satu perancang tata kelola rencana ibu kota RI yang baru di Kalimantan beberapa waktu lalu.

Pada wujud titik nol Kota Surabaya tersebut berisi beberapa pahatan yang menggambarkan kesenian di Jawa Timur menjadi satu kesatuan yang indah. Sebut saja seperti Tari Remo, Reog Ponorogo, Karapan Sapi, Tari Gandrung, dan lain-lainnya. Warnanya abu-abu dan tampak elegan jika dilihat dari kejauhan.

Saat itu Soekarwo menegaskan bahwa titik nol Kota Surabaya yang kemudian dibentuk sedemikian rupa menjadi tugu yang megah, didasarkan atas instruksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pada 12 Oktober 2016, tepatnya pada Hari Ulang Tahun (HUT) Jawa Timur.

Tugu yang menampilkan berbagai jenis pahatan seni tari itu menjadi lokasi epik yang biasa dipakai warga Kota Surabaya khususnya, warga Jawa Timur umumnya, untuk ber-swafoto mengabadikan momen kunjungan mereka. Spot ini cocok untuk menambah koleksi “feedInstagram Anda dengan nuansa pelestarian budaya khas kota dan provinsi.

  • Bagikan